Jumat, 10 Maret Lusa, DPRD Paripurnakan Wabup Lutim Terpilih

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Setelah sukses menggelar pemilihan Wakil Bupati Luwu Timur, dalam waktu dekat DPRD akan melaksanakan rapat paripurna penetapan Wakil Bupati Luwu Timur Terpilih, Akbar Andi Leluasa.
Sekertaris Panlih, Aswan Azis mengatakan, setelah agenda pemilihan ini, Panli akan melakukan Uji Publik.

"Hari ini, kita umumkan nama wakil bupati terpilih di 11 kecamatan, ini untuk menyampaikan bahwa sudah ada wakil bupati terpilih," kata Aswan.

Kemudian, untuk Pelantikan Wakil Bupati Terpilih itu tinggal menunggu proses lagi, dimana terlebih dahulu akan dilakukan Paripurna Penetapan Akbar sebagai Wakil Bupati pada Jumat 10 Maret, lusa.

Setelah itu, hasilnya penetapan nama Akbar sebagai Wakil Bupati lewat paripurna itu dibawa ke provinsi dan provinsi yang menindaklanjuti ke pusat.

"Jadi kita hanya sebatas mengusulkan ke provinsi. Soal pelantikan itu sudah kewenangan Kemendagri," kata Aswar.
Sebagai informasi pada paripurna pemilihan, Senin 6 Maret 2023. Akbar menang telak dari rival se partainya Muhammad Taqwa Muller.

Diketahui, pemilihan Wabup Luwu Timur berjalan sengit. Pemilihan dilakukan dua putaran. Lantaran di putaran pertama kedua calon sama kuat dukungan. Hanya saja memasuki Putaran Kedua, akhirnya Akbar Andi Leluasa keluar sebagai pemenang dengan hasil akhir memperoleh 23 suara, sementara Muhammad Taqwa Muller memperoleh 7 suara, dari 30 suara yang diperebutkan.

Diketahui, kedua calon tersebut merupakan kader Partai Golkar, Mochammad Akbar Andi Leluasa pengurus di tingkat DPP Partai Golkar. Sedangkan, Muhammad Taqwa Muller sebelumnya anggota DPR Provinsi Sul-Sel dari Partai Golkar yang mundur dari jabatannya.

Dari pantauan Palopo Pos, pemilihan putaran ke-2 Wakil Bupati Luwu Timur ini dilaksanakan pukul 14:00 WITA, dimana sebelumnya Ketua Panitia melakukan skorsing 2 jam karena suara imbang 15-15.

Wakil Ketua Pemilihan (Panlih) H.MH Siddiq mengatakan bahwa suara terbanyak dikantongi Akbar Leluasa 23 suara sementara Taqwa Muller 7 suara.

"Disini kita sudah umumkan pemenangnya. Di sini tidak ada pemenag karena calon sama-sama dari Golkar," kata HM Siddiq.(idr)

  • Bagikan