Parpol Susun Strategi Tempatkan Calegnya

  • Bagikan

1-14 Mei, KPU Mulai Buka Pendaftaran Caleg Pemilu 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pendaftaran calon legislatif (caleg) di KPU dijadwalkan mulai dibuka 1 Mei 2023, mendatang. Dua pekan setelah lebaran Idulfitri 2023. Partai politik pun mulai utak-atik menyusun komposisi dan penempatan calegnya, didapil mana yang potensial duduk di parlemen.

Berdasarkan rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, pendaftaran bakal caleg parpol dimulai pada 1-14 Mei 2023.

Demikian disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik saat melaksanakan uji publik tentang rancangan Peraturan KPU (PKPU) tersebut, pada Rabu (8/3/2023).

Idham Holik menjelaskan, KPU harus menerima daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) 9 bulan sebelum pemungutan suara. Oleh karena itu, partai memiliki kesempatan menyerahkan bacalegnya pada 1-14 Mei 2023.

"Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 khususnya pasal 247 ayat 2 menjelaskan bahwa paling lambat KPU 9 bulan jelang hari pemungutan suara, KPU harus sudah menerima pengajuan daftar caleg. Kapan 9 bulan itu? Yaitu 14 Mei 2023," kata Idham.

"Oleh karena itu, kami berencana akan menetapkan lama waktu pengajuan bacalon legislatif selama 2 minggu. Sehingga kami rencananya dalam lampiran PKPU berkaitan dengan pencalonan ini akan membuka pengajuan daftar anggota legislatif mulai 1-14 Mei," sambungnya.

Idham mengatakan pengajuan bacaleg akan dibuka pada 1-13 Mei di jam kerja. Pengajuan akan ditutup pada 14 Mei pukul 23.59 WIB.
"Berkaitan dengan 9 bulan paling lambat, ini kami cantumkan di pasal 5, pengajuan bacalon dilaksanakan paling lambat 9 bulan sebelum hari pemungutan suara. Jadi 14 Mei jam 23.59 menit sebagaimana menjadi kebiasaan kami dalam melayani pendaftaran, maupun dukungan pemilih kami akan menutupnya di hari terakhir itu adalah tengah malam," tandasnya.

Parpol Kesulitan Cari Caleg
Sejumlah parpol yang sampai saat ini masih melakukan rekrutmen bakal caleg di antaranya, DPC PKB Tana Toraja.
Pendaftaran ini dibuka sejak akhir 2021 secara online melalui https://pkb.id/daftar-bacaleg-pkb/, atas instruksi internal Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sulawesi Selatan. Pendaftaran masih dibuka hingga saat ini.
Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Tana Toraja, Ismail Solle, mengatakan, bertarung sebagai caleg PKB di pileg 2024 memiliki peluang lebih besar untuk lolos.

Partai nasionalis-religius bentukan Gus Dur ini, kata dia, sangat pas di Toraja karena selama ini sangat mendukung nilai pluralitas atau toleransi beragama.
Hal yang sama juga disampaikan Ketua PKB Kota Palopo, Dahri Suli. Ia mengungkapkan, PKB baru membuka pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) secara online melalui laman https://pkb.id/daftar-bacaleg-pkb.

Sementara itu, PDIP Kota Palopo mempersiapkan para caleg petarungnya.
Dijelaskan Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil, beberapa nama baru akan menghiasi Pileg untuk DPRD Kota Palopo ke depan. Untuk Dapil 1 Kota Palopo yang meliputi wilayah Kecamatan Wara, Mungkajang dan Wara Barat diisi nama seperti ketua PDI Perjuangan Palopo saat ini, Alfri Jamil.

Alfri Jamil adalah mantan anggota DPRD 3 periode sebelumnya dari tahun 2004-2019 Untuk Pileg mendatang ia memastikan dirinya kembali maju. Kemudian ada nama Yosep Pasolan yang merupakan seorang advokat senior yang cukup terkenal, Jabir (incumbent) dan salah seorang pengusaha, Oktovianus.

Untuk Dapil 2, ada nama seperti, Angga Bantu yang merupakan anggota DPRD Palopo selama 2 periode hingga sekarang. Kemudian, Atte Ballapadang seorang politisi senior yang cukup terbilang berpengalaman dalam kontetasi Pilcaleg, mantan anggota DPRD Palopo, Frans Malimongan dan terbaru adalah Yonerius atau yang akrab disapa Bang Yos.

Sementara, untuk Dapil 3 Kota Palopo yang meliputi, Kecamatan Wara Timur, Wara Selatan dan Sendana diisi seorang pengusaha muda, M Tazar (putra Andi Herman Wahidin).

"Sesungguhnya target PDI Perjuangan bagaimana dapat memperoleh 20 persen dari jumlah 25 kursi yang di DPRD Palopo. Jika itu terwujud maka pasti PDI Perjuangan akan mengusung calon tanpa koalisi dalam Pilkada Palopo pada 2024," katanya.

Sementara itu, Ketua PPP Palopo, H Haidir Basir mengatakan, dari segi jumlah, Bacaleg PPP Palopo sudah lebih dari cukup, sudah lebih 25 orang. Termasuk Bacaleg perempuan sudah lebih 30 persen.
Namun Bacaleg tersebut masih akan diseleksi untuk didaftar sebagai Caleg di KPU. Sehingga PPP Palopo masih membuka pendaftaran bagi kader maupun non kader yang berminat maju Caleg.

Untuk Partai Golkar Palopo, dijelaskan Ketua Golkar Palopo, Dr Rahmat M Bandaso melalui Sekretaris DPD Golkar Palopo, Taufan Rahman, Partai Golkar Palopo telah melengkapi susunan Bacalegnya. Susunan Bacaleg tersebut telah dikirim ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Sulsel.

Taufan belum bersedia menyebutkan nama-nama Bacaleg tersebut. Namun dalam sebuah wawancara sebelumnya, Taufan, mengungkapkan bahwa semua anggota Fraksi Golkar DPRD Palopo masih akan maju Caleg Palopo pada Pileg 2024 mendatang. Mereka adalah Hj Nurhaenih, Harisal A Latief, Baharman Supri, Zubir Surasman, dan Steven Hamdani.

Sementara, Sekretaris Gerindra Kota Palopo, Sapar Sampetan yang ditemui di Kantor Gerindra, Selasa sore, mengatakan, Bacaleg Gerindra di Palopo lengkap. Bahkan lebih dari cukup. Hanya saja, Sapar belum bersedia mengekspose karena alasan strategi. (idr)

  • Bagikan