GARBI Palopo Seminar Kewirausahaan “Bisa Bikin Brand”

  • Bagikan
Ketua GARBI Kota Palopo, Lukman Mallo, S. Fil. I., M. Pd. I membuka Seminar Kewirausahaan dengan tema "Bisa Bikin Brand" di Aula Lama Masjid Agung Luwu Palopo. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Seminar Kewirausahaan dengan tema "Bisa Bikin Brand" merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Kota Palopo pada tanggal 12 Maret 2023 di Aula Lama Masjid Agung Luwu Palopo.

Tema "Bisa Bikin Brand" diusung dengan harapan bahwa setelah mengikuti seminar ini, para peserta dapat membangun brand usaha mereka sendiri. Materi yang disampaikan oleh Agus Haruna, Konsultan OTTING Brand Consulting, berjudul "Bisa Bikin Brand" tersebut dihadiri oleh 100-an peserta dari berbagai jenis penggiat UMKM yg ada di Palopo. Peserta yang sebagian besar telah memiliki usaha mengikuti materi yang membahas tentang bagaimana membangun branding dengan antusias.

"Products are created in a factory. Brand are created in the mind', jelas pemateri. Meskipun singkat, diharapkan materi yang didapatkan dapat langsung diaplikasikan dalam usaha, termasuk tips dalam menentukan nama usaha, yaitu mudah diucapkan, singkat (tidak lebih dari 7 suku kata), memiliki arti positif, hindari menggunakan nama anak, bisa didaftarkan di HAKI, dan cek ketersediaan di digital.

Seminar kewirausahaan ini merupakan salah satu program kerja yg dilaksanakan oleh GARBI sebagai bentuk kepedulian terhadap pertumbuhan UMKM di Kota Palopo secara khusus dan sebagai bagian dari upaya untuk mendorong Indonesia menjadi Negara Maju secara umum. Kita ketahui bersama bahwa rasio Wirausaha untuk Negara Maju adalah sekitar 12 persen dari populasi, sementara di Indonesia saat ini baru mencapai 3,74 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa dibutuhkan upaya serius untuk mendorong tumbuhnya wirausaha baru, khususnya di Kota Palopo.

"InsyaAllah kegiatan kita ini akan berkelanjutan. Tidak hanya sebatas seminar, tetapi kita berencana untuk membentuk suatu komunitas wirausaha dan memberikan pendampingan kepada para wirausaha, terkhusus yang masih kategori start up business", tutur Bapak Lukman Mallo, S. Fil. I., M. Pd. I. selaku Ketua GARBI Kota Palopo.(rls)

  • Bagikan