Ribuan Masyarakat Toraja Ikut Devile Peringatan 110 Tahun Injil Masuk Toraja IMT

  • Bagikan

Ketua Panitia Ir. Djekson Mari bersama Sekum BPS Gereja Toraja Pdt. Cristian Tandulangi saat acara devile / Ma ' Lettoan di halaman Gereja Toraja jemaat Rantepao.Selasa,14 Maret 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Ribuan masyarakat Toraja ikut devile arak-arakan ma' lettoan dalam rangka memperingati 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT) di pelataran halaman gereja Toraja jemaat Rantepao, Selasa ,14 Maret 2023.

Setidaknya, ada 21 Klasis Luwu dan 28 Klasis Rantepao ikut larut dalam iring-iringan, menambah semaraknya kegiatan devile/ma' lettoan di sepanjang jalan Ahmad Yani,antri masuk kedalam halaman Gereja Toraja jemaat Rantepao, pusat kegiatan 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT).

Ketua Panitia Djekson Mari dalam sambutannya sebelum pelaksanaan ibadah, menyampaikan terima kasihnya kepada para peserta yang hadir saat ini ,di pelataran halaman Gereja Toraja jemaat Rantepao.

"Saat ini yang ikut ada 21 Klasis dan dikelompokkan dalam delapan etnis, etnis yang ada di Luwu , terima kasih peserta dari Luwu dan kedua dari wilayah Rantepao yang berjumlah 28 klasis yang sebagian besar masuk dalam kabupaten Toraja Utara," ujar Djekson.

Djekson Mari juga menyampaikan parade ini melebihi kegiatan sebelumnya. Kalau kemarin mobil hias sudah memacetkan Kota Rantepao dan hari ini lebih parah memacetkan seluruh jalan-jalan di Rantepao.

''Luar biasa sambutan masyarakat Toraja Utara terhadap Devile pada hari ini. Atas nama panitia, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh peserta devile pada hari ini.Kami mohon maaf atas persiapan hari ini jika kami dari paniti yang kurang berkenan kami mohon di maafkan. Sekali lagi atas nama panitia kami ucapkan terimakasih atas kehadiran kita semua," ungkapnya.

Selain itu, Ketua Panitia juga berterima kasih kepada pihak keamanan dari TNI /Polri yang sudah mengamankan berlangsungnya acara ini ,dan juga dalam pengatur lalu lintas di jalan raya sehingga,acara devile ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Turut hadir dalam acara tersebut,Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, Anggota DPR RI Evha Stevani Rataba , Ketua IKT Mimika Yusuf Rombe,Ketua Umum BPS Gereja Toraja Pdt Alfred Anggui, Mantan Ketum BPS GT Pdt. Musa Salusu , Anggota DPRD Torut Israel Makole , Wakil Ketua DPRD Torut Calvin Para'pak Tondok, Anggota DPRD Palopo Budi Ratu.Pengurus pusat PMTI Adrial Rumengan,Para Pendeta dari Kalsis Luwu dan Klasis Rantepao dan ribuan warga jemaat Gereja Toraja .(albert tinus)

  • Bagikan