Dosen hingga Pemda Apresiasi Kajian Ramadan FMDKI Palopo

  • Bagikan
Pelaksanaan Kajian Ramadan yang dilaksanakan FMDKI Palopo di Aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI-- Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Palopo berkolaborasi dengan Lembaga Dakwah Kampus(LDK) Al-Hikmah Institut Agama Islam Negeri (IAIN), LDK Ikatan Mahasiswa Islam Kreatif (IMIK) Universitas Andi Djemma (UNANDA) Palopo, dan LDK Mahasiswa Pecinta Mushallah (MPM) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) gelar Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH), Ahad (5/3/2023).

KARIMAH kali ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda di kota Palopo. Pertama, berada di tengah kota yaitu Aula Ratona dan kedua, di Aula SMPN 8 Negeri Palopo yang dihadiri 153 peserta. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari dosen hingga Pemda.

Peserta tersebut berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Luwu Raya, Akper Sawerigading, Universitas Mega Buana, Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada, universitas Muhammadiyah Palopo, IAIN Palopo, UNCP, serta UNANDA Palopo.

Kali ini pelaksana mengusung tema "Ramadhan The Real Healing, Meraih Ketenangan Jiwa dengan Spirit Takwa" yang dibuka secara resmi oleh ibu Ketua tim 1 Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Daerah Palopo, Hj. Nurlinda Sabani.

Pada sambutannya, Hj. Nurlinda Sabani menuturkan apresiasi dan dukungan terhadap FMDKI atas terlaksananya acara tersebut.

"Saya mengapresiasi dan mendukung FMDKI melaksanakan kegiatan seperti ini untuk menyambut Ramadan," tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Nurul Adliyah Dosen Fakultas Adab dan Dakwah IAIN Palopo mengatakan jika kolaborasi LDK menjadi jembatan bagi mahasiswa mempersiapkan diri yang lebih baik dalam menyambut Ramadan.

"LDK-LDK kampus bersedia untuk menjembatani teman-teman untuk bisa mempersiapkan diri lebih baik dalam menyambut bulan suci Ramadan, bulan dengan berbagai keistimewaan di dalamnya," pungkasnya.

Pada kegiatan ini, disetiap lokasi hadirkan dua narasumber dengan judul materi "It's Ramadhan, Get Ready for the Real Healing" dan "How Ramadhan Heals You".

Adapun pembicara di lokasi pertama yaitu Ustazah Meniarti, yang merupakan Daiyah dan Guru serta Ustazah Andi Verawati Husain, seorang Founder Daarul Mushaf School dan juga Daiyah. Di lokasi kedua yaitu Ustazah Rindayani dan Ustazah Winarsih. Keduanya merupakan Guru sekaligus Daiyah.
Kegiatan menjadi lebih interaktif disesi materi kedua saat peserta diminta untuk menuliskan resolusi Ramadan pada selembar kertas yang telah disediakan oleh panitia.

Nurfadillah selaku Ketua FMDKI Daerah Palopo menyampaikan, harapannya terkait progres lembaga ke depannya.

"Harapan kami kedepannya semoga FMDKI bisa terus maju, bisa terus memberikan yang terbaik dan menyuguhkan sarana menuntut ilmu bagi seluruh mahasiswi se-kota Palopo," harapannya.

Di akhir acara, panitia mensosialisasikan Gen-H (Generasi Hijrah) sebagai sarana bagi seluruh mahasiswa muslimah untuk belajar Islam lebih intensif. (rls/rhm)

  • Bagikan