PSM Bisa Disalib Persib Rebut Mahkota Liga 1, Ini Kalkulasinya…

  • Bagikan

Para pemain PSM saat merayakan gol. --dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Persib Bandung bisa saja menyalib PSM nantinya merebut mahkota Liga 1. Meski saat ini PSM masih memegang kendali utama menuju trofi Liga 1 musim 2022/2023.

Yah, dari empat laga sisa, cukup menang dua kali, juara sudah di tangan.

Rinciannya, dengan 66 poin PSM saat ini, Persib Bandung sebagai rival terdekat PSM hanya bisa mengumpulkan maksimal 71 poin. Persib menyisakan 6 laga dengan poin saat ini 53.

Jika Maung Bandung --julukan Persib-- memenangkan seluruh laga sisa, poin tambahan maksimal 18. Sementara PSM dengan 66 poin kini, jika menang dua kali, akan menjadi 72 poin. PSM akan tampil sebagai juara dengan selisih satu poin atas Persib.

Itu jika Persib memenangkan seluruh laga. Pasalnya, mereka masih akan berhadapan dengan peringkat tiga klasemen Liga 1, Persija Jakarta. Laga kedua tim selalu diistilahkan "El Calsico Indonesia" lantaran keduanya merupakan rival bebuyutan.

Meski demikian, PSM juga bukan tanpa risiko. Jika saat bersamaan hanya bisa menang sekali dan Persib memenangkan seluruh laga, juara akan direngkuh oleh Maung Bandung.

Jadi kunci untuk mengamankan juara bagi PSM adalah mesti menang dua laga dari empat laga tersisa.

Jika skema ini berjalan, apa pun hasil yang ditorehkan Persib di enam sisa laga, PSM tak akan terpengaruh lagi. Pada Jumat, 17 Maret, PSM akan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare.

Sejauh ini, PSM belum pernah kalah di markasnya. Artinya, peluang besar untuk mengalahkan Bhayangkara, meski itu bukan jalan mudah.

Bagi Persib, lawan selanjutnya adalah Dewa United, Senin, 20 Maret. Sebagai tuan rumah, Maung Bandung berpeluang mendulang tiga poin dalam laga ini. (fjr/pp)

  • Bagikan