Jaga Ketahanan Pangan, Pangdam XIV Hasanuddin Panen Cabai Katokkon Bersama BI di Toraja

  • Bagikan

Panen cabai Katokkon oleh Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama istri, Desi Totok Imam dan rombongan bersama Bank Indonesia dalam program ketahanan pangan di Lembang (Desa) Kapalapitu, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara, Sabtu (18/3/2023). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kerjasama dalam menjaga ketahan pangan, Kodam XIV/Hasanuddin bersama Bank Indonesia (BI) Cabang Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kegiatan panen di Kabupaten Toraja Utara.

Panen lada atau cabai Katokkon asal Toraja itu dilakukan oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) bersama rombongan.

Berlangsung di lahan kebun cabai Katokkon masyarakat kelompok tani di Lembang (Desa) Kapalapitu, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara, Sabtu (18/3/2023).

Kepala Perwakilan BI Wilayah Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, kegiatan ketahanan pangan di wilayah hukum Kodim 1414 Tana Toraja sebagai bentuk kerjasama demi menjaga ketahanan pangan.

“Ini bagian kerjasama ketahanan pangan dari BI bersama Kodam XIV/Hasanuddin dengan memberikan bantuan bibit dan alat pertanian kepada gabungan kelompok tani,” ujar Causa.

Menurutnya, cabai katokkon relatif endemik di Toraja dan tidak hanya selesai ditanam lalu di produksi saja tapi juga mencoba di berdayakan oleh Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1414 Tana Toraja.

“Dapat perkuat kapasitas, olahannya juga diperhatikan oleh Ibu Persit, dan yang sudah dilakukan di markas Kodim 1414 yaitu ketahanan pangan biotik, cabai dan ikan serta olahan makanan ringan khas Toraja sebagai UMKM Ibu Persit,” tutup Causa.

Sementara Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan, program kerjasama menjaga ketahanan pangan sesuai arahan Bapak Presiden RI yaitu kerjasama Bank Indonesia dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

“Melalui Kodim 1414 Tana Toraja dan BI membantu dan bekerjasama dengan Koramil, dan ini sudah panen yang ke delapan,” ucapnya.

Totok berharap kedepan agar program ketahanan pangan dapat berkelanjutan, sehingga dapat membantu masyarakat Toraja, hasilnya kita bagikan ke masyarakat sekitar dan dijual murah untuk keperluan beli bibit.

“Lahan kosong di Makodim 1414 diberdayakan dan bersama BI kedepan agar juga lebih banyak mengelola tanaman pangan dan diberdayakan Persit serta masyarakat dalam menurunkan inflasi,” tutupnya.

Setelah tanam dan panen cabai Katokkon bersama rombongan, dilanjutkan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat Lembang Kapalapitu.

Malam hari, Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama istri, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin, Desi Totok Imam dan rombongan menginap satu malam di objek wisata Tongkonan Lempe Lolai di kawasan Negeri Diatas Awan Kapalapitu.

Turut hadir pula Komandan Resort Militer (Danrem) 141/Toddopuli, Brigjen TNI Budi Suharto dan Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Candra dan rombongan.

Pada kesempatan itu sekaligus diserahkan bantuan sembako kepada para petani dan masyarakat Lembang Kapalapitu. (Risna)

  • Bagikan