Jembatan Bailey II Mulai Dibangun di Rampoang

  • Bagikan
Tangkapan layar siaran langsung antrean kendaraan di Jembatan Darurat Rampoang. --ft: repro/ikhwan palopopos

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RAMPOANG-- Pembangunan Jembatan Rampoang, Palopo yang ambruk pada 18 Oktober 2022 lalu, mulai dikerjakan.

Pada Selasa, 28 Maret 2023, terlihat sejumlah pekerja proyek membuat landasan untuk pembangunan jembatan bailey II.

Berdasarkan penjelasan pihak Balai, Pak Bagio yang diwawancarai Herawan S Toni melalui siaran langsung facebook sekira pukul 11.00 Wita, Selasa, jembatan bailey I yang ada sekarang, akan digeser beberapa meter ke arah timur. Lalu di sebelah timurnya, akan dibangun lagi jembatan bailey II.

''Durasi pembangunan penggeseran jembatan bailey I dan pemasangan jembatan bailey II ditarget pertengahan bulan puasa,'' kata Pak Bagio.

Kemudian, jembatan permanen akan dibangun di sebelah barat jembatan bailey I atau lokasi awal Jembatan Rampoang yang ambruk. Durasi waktu pembangunan jembatan permanen yakni empat bulan.

Berdasarkan audio visual siaran langsung Herawan S Toni, sudah lima bulan lebih atau hampir enam bulan, terjadi antrean panjang kendaraan yang melintas di Jembatan Darutat Rampoang. Pemerintah diharap beri perhatian lebih dan segera melakukan upaya agar macet tidak terjadi lagi. Beberapa masyarakat sangat disulitkan dengan seperti ini.

Kemacetan terutama terjadi pada jam berangkat dan pulang sekolah/kantor. Kemudian sekira pukul 10.00 Wita, kendaraan dari utara mulai masuk Palopo. Demikian pula kendaraan angkutan barang, juga mulai melintas.

Pasalnya, jembatan darurat Rampoang hanya satu jalur. Sehingga diberlakukan sistem buka tutup dengan durasi setiap 10 menit. (ikh)

  • Bagikan