BRI Palopo Rp200 M, BNI Rp155 M, dan Bank Sulselbar Rp15 M

  • Bagikan

Kesiapan Uang Tunai Menyambut Idulfitri

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Menghadapi lonjakan permintaan uang tunai jelang lebaran Idulfitri, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan dana Rp5,8 triliun. Khusus Kastip BI Luwu Raya dan Toraja dapat jatah Rp250 miliar. Nantinya daro Rp250 miliar ini, akan dibagi-bagikan ke sekira 18 perbankan di Luwu Raya dan Toraja.

Khusus di Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo, dikatakan Kepala Cabang Supriyanto, Selasa 28 Maret 2023, pihaknya menyiapkan Rp15 miliar untuk mengcover 20 terminal ATM Bank Sulselbar yang tersebar di beberapa lokasi di Kota Palopo.

Selain itu, kata Supriyanto, selain pemenuhan transaksi secara cash, ia juga mendorong masyarakat untuk bertransaksi secara cashless melalui channel digital Bank Sulselbar, seperti aplikasi mobile banking, atm debit maupun melalui QRIS.

Diberitakan sebelumnya, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko mengatakan, BI menyediakan dana Rp5,8 triliun untuk khusus Sulsel. Dan secara koordinator wilayah Sulampua (Sulawesi, Maluku dan Papua) disediakan Rp15,2 triliun.

Sementara itu, Pemimpin Kantor Cabang BRI Palopo, M Nabhan Tamam melalui Asisten Manager Operasional Layanan, I Wayan Redana A menguungkapkan, untuk kantor BRI Cabang Palopo yang membawahi Kota Palopo dan Kabupaten Luwu menghadapi Idulfitri nanti menyiapkan uang tunai sekira Rp200 miliar. Nantinya uang tersebut untuk memenuhi permintaan lonjakan mendekati lebaran.
Selain itu, digunakan menghadapi pembayaran THR dan gaji yang juga dibayarkan mendekati lebaran.

Untuk memudahkan dalam pembayaran nantinya, pihak BRI Cabang Palopo juga telah mensiagakan 21 ATM dan 22 mesin CRM (Cash Recycling Machine) sehingga total 44 unit yang disiapkan. Dan pihaknya telah mengantisipasi setiap ATM selalu terisi.

"Kita optimis bisa melayani nasabah pada saat kebutuhan uang meningkat menjelang Hari Raya Idulfitri nantinya," pungkas I Wayan saat ditemui di kantor BRI Cabang Palopo, Selasa, kemarin.

Terpisah, pihak Bank BNI Cabang Palopo juga siap memenuhi kebutuhan uang baru bagi masyarakat. Dikatakan Pimpinan Bank BNI Cabang Palopo Maruli Ricardo Pardede melalui Pemimpin Bidang Pemasaran, Sudirman NS yang diwawancara di kantor BNI Cabang Palopo Jl. Dr Sam Ratulangi, kemarin, menjelaskan, pihaknya menyiapkan sekira Rp155 miliar dan mesin ATM BNI sebanyak 80 unit tersebar di Luwu Raya dan Toraja yang siaga terisi uang. "Jadi sama tahun sebelumnya, kita siapkan Rp155 miliar dan 80 ATM di Luwu Raya dan Toraja. Begitu ATM-nya sudah mau habis, kita isi kembali," kata Sudirman.(idr)

  • Bagikan