DPRD Tetapkan Perda Hari Jadi Kota Palopo

  • Bagikan

Anggota DPRD Palopo, Baharman Supri memimpin doa penutup sidang paripurna penetapan Perda Hari Jadi Kota Palopo. --ft: istimewa


* Baharman Pimpin Doa Penutup Sidang Paripurna


PALOPOPOS. CO. ID, TOMPOTIKKA--
Perda Hari Jadi Kota Palopo ditetapkan melalui sidang paripurna DPRD, Senin, 26 Maret 2023.

Ditandai penandatanganan kesepakatan oleh Ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaenih Aziz dan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir.

Hadir pada paripurna tersebut unsur Forkopimda Palopo, Kapolres Palopo, dan undangan lainnya.

Menurut Baharman Supri selaku Ketua Pansus 1 DPRD kepada Palopo Pos, Rabu, 29 Maret 2023, lega rasanya Perda Hari Jadi Kota Palopo ditetapkan sebagai Perda.

Karena dengan lahirnya Perda, dapat meminimalisir pertentangan baik para pejuang Kota Palopo maupun generasi z (milenial) yang akan melanjutkan pembangunan Palopo yang lebih baik.

Hal berubah pada Perda ini antara lain tanggal perayaan dari tanggal 2 Juli berubah menjadi tanggal 10 April. Tetapi perayaannya disepakati berlaku tahun depan karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Selain tanggal, narasi sejarah perjuangan dimasukkan dalam lembaran resmi Perda yang tidak terpisahkan dengan batang tubuh Perda. Ini juga yang menarik dari Perda tersebut, pemerintah diwajibkan melalui OPD terkait menyediakan anggaran kegiatan lomba olah raga tradisional dan bentuk kegiatan lainnya yang dapat dijadikan sebagai kalender budaya yang dapat memacu PAD pariwisata baik wisatawan lokal maupun global.

Lima fraksi sepakat menyetujui Perda ini dengan harapan selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palopo. Juga diharapkan dapat mempersatukan elemen masyarakat Palopo yang multikultural.

Walikota Palopo, HM Judas Amir akan menindaklanjuti dalam bentuk Peraturan Walikota sehubungan dengan hal yang perlu diatur secara teknis.

Ada yang unik pada sidang paripurna DPRD, dengan agenda penetapan Perda Hari Jadi Kota Palopo, Senin, 26 Maret 2023 lalu.

Anggota DPRD Palopo, Baharman Supri selaku penggagas hak inisiatif Perda Hari Jadi Kota Palopo, memimpin pembacaan doa penutup atas permintaan Ketua DPRD yang juga teman separtainya, Dr Hj Nuraenih Aziz.

Baharman juga merupakan salah satu dari sekian pejuang Kota Palopo.

Paripurna ini dihadir unsur Forkopimda Kota Palopo, seperti Kapolres Palopo. (ikh)

Suasana saat pembahasan Ranperda yang dihadiri Abd Hakim Djafar, Zirmayanto dan beberapa tokoh pejuang dan unsur pemerintah terkait.
  • Bagikan