Alasan Tragedi Kanjuruhan, FIFA Batalkan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Nasi sudah jadi bubur. Yah, kata itu yang pantas ditujukan ke Indonesi. Tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sudah di depan mata, buyar seketika. Ini karena banyaknya aksi penolakan terhadap timnas Israel bermain di Indonesia.


Akhirnya, FIFA bertindak. Mereka resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-20.
Yang parah, karena selain menghapus sebagai tuan rumah, FIFA juga bakal jatuhkan sanksi tegas terhadap PSSI.


"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," tulis FIFA dalam keterangannya, Rabu 29 Maret 2023.


FIFA menyebut, kebijakan itu ditempuh setelah pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir.


"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah" katanya.


FIFA juga menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Jokowi Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022.


"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir" katanya.
"Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat" tutup FIFA.

Kanjuruhan
FIFA turut menyinggung Tragedi Kanjuruhan dalam rilis pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang merenggut 135 nyawa itu menjadi alasan keputusan FIFA.


FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. PSSI, lewat sang ketua Erick Thohir, sempat bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, untuk mendapatkan solusi.


Namun, keputusan akhir FIFA tak berpihak ke PSSI dan sepak bola Indonesia. "FIFA memutuskan untuk mencabut Indonesia dari status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," begitu bunyi pernyataan resmi dari FIFA.


Setelah itu, muncul spekulasi soal alasan FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah. Sebab, FIFA juga menyebut Tragedi Oktober 2022 (Stadion Kanjuruhan) dalam rilis mereka.(fin/idr)

  • Bagikan