PSM Optimis Angkat Trophy di Kandang Madura United Nanti Malam

  • Bagikan

Pemain PSM Makassar optimis mampu memastikan juara saat bertandang ke kandang Madura United, nanti malam. --dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- PSM Makassar kini di ambang juara Liga 1 Indonesia 2022/2023. Sisa membutuhkan poin dua untuk merebut supremasi tertinggi di sepakbola Indonesia. Nah, jika berhasil mengalahkan Madura United, maka mahkota juara pun didekap Pasukan Ramang.

Tentunya, untuk memenangkan duel yang akan dihelat di kandang Madura United Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat, 31 Maret 2023 mulai pukul 21.00 Wita, Tim Juku Eja harus bermain all out.

Pada duel ini, pertandingan diprediksi berlangsung alot. Pasalnya.

Sejauh ini, PSM Makassar memimpin klasemen dengan torehan 69 poin. Juku Eja masih dibayang-bayangi Persib Bandung yang berada di posisi kedua dengan selisih 10 poin.

Akan tetapi, Madura United tidak akan membiarkan PSM Makassar berpesta di kandangnya. Laskar Sapeh Kerrab diprediksi bakal memberikan perlawanan sengit.

Terlebih, Madura United merupakan satu dari dua tim yang berhasil mengalahkan PSM Makassar musim ini. Selain mereka, Juku Eja dikalahkan Persija Jakarta.

Madura United dan PSM Makassar bermain sama kuat dalam 5 pertemuan terakhir mereka. Kedua kesebelasan sama-sama mengoleksi 2 kemenangan dan sisanya imbang.

Akan tetapi, PSM Makassar tetap difavoritkan untuk menjadi pemenang. Klub asuhan Bernardo Tavares itu berada dalam tren kemenangan. Apalagi, semua pemain andalan sudah siap bertanding. Seperti duo Sayuri, Yakob dan Yance, Yuran Fernandes, Ramadhan Sananta, Erwin Gutawa, Muhammad Dzaky, Kenzo, termasuk sang Kapten Tim Juku Eja, Wiljam Pluim.

Hanya saja, Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares berharap, tim wasit yang akan memimpin pertandingan benar-benar objektif.

"Sebab, dalam beberapa pertandingan saya sering menyaksikan banyak keputusan wasit yang salah, sehingga cenderung merugikan salah satu klub," katanya.

Ia juga mempertanyakan kebijakan operator pertandingan yang tidak menyiarkan secara langsung laga antara PSM Makassar melawan Madura United FC itu.

"Liga ini kan merupakan Liga Indonesia, bukan Liga Jawa. Kenapa pula laga Madura melawan PSM Makassar ini tanpa penonton?," katanya mempertanyakan.

"Saat bertandang melawan Madura United, PSM memang tidak pernah menang. Tapi jika laga ini disiarkan secara live, dan disaksikan banyak orang, saya kira akan menjadi tontonan yang menarik bagi semua pihak, baik oleh suporter Madura ataupun PSM Makassar," kata Bernardo Tavares.

Sementara itu, Pelatih Madura United FC Rakhmad Basuki menyatakan, ingin menang secara elegan saat melawan PSM Makassar.

"Selain karena kami memang telah memiliki persiapan yang cukup dan modal kuat setelah bangkit dari keterpurukan pada beberapa laga sebelumnya, para pemain juga sudah bisa beradaptasi dengan suasana Ramadhan," kata Rakhmad Basuki di Pamekasan, Jawa Timur, Kamis malam.

Pelatih interim menjelaskan, semua pemain dalam kondisi fit dan siap berjuang menghadapi PSM Makassar.

"Memang ada dua pemain yang belum bisa bergabung dengan kita, seperti Malik Risaldi dan Rian, karena cedera, akan tetapi pemain lain semuanya sudah siap berjuang untuk meraih tiga poin," kata dia.

Basuki mengatakan, PSM memang merupakan tim yang kuat yang dihuni oleh para pemain tangguh. Bahkan kini PSM menempati puncak klasemen sementara di Liga 1 Indonesia.

Namun demikian, sambung mantan pelatih Madura United U-20 ini, Madura United juga memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi PSM Makassar, berupa persiapan yang matang dan tren positif menang tandang dan kandang dalam beberapa pertandingan terakhir ini.

Saat ini Madura United berada di peringkat keenam klasemen sementara BRI Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan meraih 49 poin, hasil 14 kali menang, 10 kali kalah dan 7 kali sering.

Sedangkan PSM Makassar merupakan pemuncak klasemen sementara dengan meraih 69 poin hasil 20 kali menang, 2 kali kalah dan 9 kali seri. (*/pp/uce)

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Rendy Oscario; Reva Adi, Cleberson, Hasim Kipuw, Alexvan Djin; Lee Yu-jun, Zulfiandi, Jaja; Esteban Vizcarra, Bayu Gatra, Alberto Goncalves.

Pelatih: Rahmad Basuki

PSM Makassar (3-5-2): Reza Pratama; Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Akbar Tanjung; Yance Sayuri, Wiljan Pluim, Muhammad Arfan, Ananda Raehan, Yakob Sayuri; Everton, Ramadhan Sananta.

Pelatih: Bernardo Tavares

Head to Head dan Performa

Head to head

15/12/22 PSM Makassar 0-1 Madura United

08/01/22 PSM Makassar 1-0 Madura United

12/09/21 Madura United 1-1 PSM Makassar

24/10/19 PSM Makassar 1-0 Madura United

04/07/19 Madura United 2-0 PSM Makassar

5 laga terakhir Madura United

26/02/23 Madura United 0-0 Persija Jakarta

03/03/23 Madura United 0-1 Borneo FC

07/03/23 PSIS Semarang 0-2 Madura United

11/03/23 Madura United 2-1 PSS Sleman

16/03/23 Bali United 1-1 Madura United

5 laga terakhir PSM Makassar

01/03/23 PSM Makassar 2-0 Dewa United

05/03/23 PSM Makassar 3-2 Persis Solo

09/03/23 Persikabo 1973 0-1 PSM Makassar

14/03/23 Persita Tangerang 0-0 PSM Makassar

17/03/23 PSM Makassar 3-1 Bhayangkara FC

Venue dan Jadwal:

Madura United vs PSM Makassar
Venue: Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan
Jadwal: Jumat, 31 Maret 2023
Kick off: 20.30 WIB
Live streaming: Vidio. (*/pp/uce)

  • Bagikan