Manchester City Bantai Liverpool 4-1, Salah Cs Sempat Memimpin Duluan

  • Bagikan

Pemain Manchester City saat merayakan gol. AP Photo/Jon Super

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MANCHESTER-- Luar biasa penampilan Manchester City saat menjamu Liverpool.

Pada lanjutan Premier League pekan ke-29 di Stadion Etihad, Sabtu, 1 April 2023 malam Wita, City sempat tertinggal lebih dulu. Namun, City mampu membalikkan keadaan dan meremukkan asa Liverpool. City menang telak 4-1.

Pada duel yang berlangsung sengit tersebut, City tidak bisa memainkan Erling Haaland karena cedera. Walau begitu, City tetap tampil tajam. Dan, mampu mengoyak jala The Reds empat gol.

Keempat gol The Citizen dibagi rata oleh Julian Alvarez, Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, dan Jack Grealish. Sementara itu, Liverpool mencetak gol lewat aksi Mohamed Salah.

Dengan kemenangan ini, City sudah mengoleksi 64 poin dan berada di posisi kedua. Mereka tertinggal lima poin dari Arsenal yang ada di puncak. Sementara Liverpool berada di posisi ke-6 klasemen dengan 42 poin.

Pada babak pertama, City punya penguasaan bola yang dominan. Hanya saja, mereka sulit masuk kotak penalti. Rodri melepas sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-10, bisa ditangkap Alisson.

Hanya saja, pada menit ke-17, Liverpool membangun serangan cepat dari bawah. Diogo Jota kemudian menerima bola di kotak penalti dan memberi ruang pada Salah. Gol untuk Liverpool. Salah membuat skor menjadi 1-0.

Kalah 0-1, City makin menaikkan tempo permainannya. Serangan bergelombang terus dilancarkan.

City bermain makin agresif dan menekan area sayap. Dengan serangan itu, City punya beberapa peluang dari aksi Riyad Mahrez dan Jack Grealish.

Akhirnya, pada menit ke-27, City pun menyamakan kedudukan. Berawal dari Grealish mengalahkan Trent Alexander-Arnold dan melepas umpan silang. Alvarez dengan mudah mencocor bola masuk ke gawang. Gol, skor pun berubah menjadi 1-1.

Skor imbang ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, City makin menggila. Pertandingan yang baru berjalan 55 detik, City berhasil mencetak gol dan unggul 2-1.

Mahrez lepas dari penjagaan dan melepas umpan kepada De Bruyne. Mirip dengan skema gol Alvarez, tetapi dari sisi yang berbeda.

Lagi-lagi, City kembali membuat Liverpool terkejut. Yah, saat The Reds mencoba bangkit, Ilkay Gundogan membobol gawang Alisson pada menit ke-54.

Gundogan menyambar bola muntah setelah tendangan Alvarez diblok Alexander-Arnold.

Anak asuhan Pep Guardiola ini makin menjauh pada menit ke-74.

Grealish dan De Bruyne melakukan umpan kombinasi yang bagus di sisi kiri.

Hasilnya, De Bruyne bikin assist, Grealish cetak gol, dan Man City unggul 4-1.

Grealish sempat punya peluang lain, akan tetapi bisa diblok Alisson. City bermain dengan sangat nyaman pada 10 menit akhir laga. Hanya saja, mereka tak mendapat gol tambahan.

Sampai wasit membunyikan pluit tandan pertandingan usai, kedudukan tetap 4-1 untuk City. (*/uce)

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; John Stones, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodrigo (83' Silva), Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Jack Grealish (89' Palmer); Julian Alvarez.

Manajer: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andy Robertson (70' Tsimikas); Harvey Elliott (70' Chamberlain), Fabinho, Jordan Henderson; Mohamed Salah (70' Nunez), Cody Gakpo (83' Milner), Diogo Jota (70' Firmino).

Manajer: Jurgen Klopp

KLASEMEN SEMENTARA LIGA INGGRIS

  • Bagikan