Almarhum SBj Dimakamkan Selasa Pekan Depan, Diisi Prosesi Adat dan Takziah

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, WALMAS-- Luwu Raya terkhusus Kabupaten Luwu dan Walmas, berduka. Wakil Bupati (Wabup) Luwu, Syukur Bijak SE, telah dipanggil menghadap Sang Pencipta Alam Semesta.

Bapak yang dikenal dengan tak kenal lelah dalam perjuangannya mensejahterahkan rakyat serta petarung dalam dunia politik menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit PJN Wahidin Makassar, pada Kamis, 6 April 2033 sekira pukul, 11.30 Wita.

SBj begitu panggilan akrap Syukur Bijak, menjalani operasi jantung.
Kebahagiaan keluarga nampak terlihat usai orang nomor dua di Luwu itu selesai operasi dan sempat siuman.

Dalam masa pemulihan setelah operasi satu jam kemudian kondisi Wabup Luwu itu kembali drop dan dinyatakan dokter telah meninggal dunia.

Mendengar berita duka, masyarakat Luwu Raya terkhusus Luwu dan Palopo serta Tana Toraja, berduka.

Ribuan pelayat yang sudah berada di Makassar mengawal jenazah bapak yang dikenal dengan tagline komitmen itu hingga ke Walmas kampung halaman Syukur Bijak.
Sebelum diberangkatkan dari RS Wahidin Makassar ke Walmas, terlebih dulu digelar upacara pelepasan oleh Gubernur Sulsek Andi Sudirman.

Setelah itu mobil ambulance yang membawa jenazah dikawal ribuan keluarga dan pendukung SBj.

Sebelum masuk di perbatasan Luwu-Wajo (Sengkang) tepatnya di daerah Larompong, massa sudah mulai merayat di badan jalan.

Begitupun saat tiba di Ibu Kota Belopa, mobil ambulance berhenti di depab Masjid Raya Belopa, kemudian memberikan kesempatan bagi masyarakat Belipa untuk melihat yang terakhir kalinya jenazah SBj.

Pelayat pun kembali berkemas dan langsung menuju Walmas.
Hingga akhirnya tiba di ke diaman duka di Bukit Simbuang sekira pukul, 04.00 Wita dan langsung dibawa masuk ke dalam rumah.

Dari agenda rangkaian penyelenggaraan jenazah Almarhum Syukur Bijak , SE, akan digelar sejumlah agenda.

Mengingat SBj selain menjabat Wabup Luwu, bapak dari anggota DPR RI Muhammad Devy Bijak Pawindu SH, adalah pemangku adat se Kompleks Ilan Batu.

Sehingga jazad Syukur Bijak baru akan dimakamkan pada Selasa, 11 April 2023.
Mulai Jumat malam hingga Selasa 11 April 2023, kegiatan akan diisi dengan prosesi adat dan Taziah.

"Jumat 7 April ba'da Ashar, agenda Pemulasaran jenazah, shalat mayyit hingga dipasuruk. Sabtu, 8 April 2023 agenda Ma'pasonglo. Ahad 9 April 2023, jenazah dinaikkan di Langkea/Lakkean. Senin 10 April 2023, kegiatan menerima tamu dan Selasa 11 April 2023, ba'da Zuhur digelar acara pemakaman," kata Awaluddin, keponakan Almarhum, Jumat, 7 April 2023.

Pria yang juga menjabat Lurah Bulo, Kecamatan Walenrang itu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh keluarga besar serta para simpatisan dari Bapak Syukur Bijak.

"Kami juga dari keluarga besar Bapak Syukur Bijak tak lupa mengucapkan banyak terima kasih atas doa dan partisipasi selama almarhum di rawat di rumah sakit hingga meninggal dan diantarkan langsung sampai ke rumah. Tidak bisa kami membalas apa yang telah diberikan keoda kami, hanya doa kami dan apa yang sudah dilakukan berbuah amal dan mendapat safaat dari Allah SWT," ucap Awal, seraya menambahkan, selamat Jalan Bapak Petarung.(KAHAR ITING)

  • Bagikan