Ternyata Sudah Ada yang Salat Id Hari Ini! Cek Siapa

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID TULUNGAGUNG -- Sejumlah anggota jemaah Al Muhdhor di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, melaksanakan Salat Id, Rabu (19/4/2023) pagi tadi. Mereka merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah sebelumnya melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari. Jemaah ini juga memulai ibadah puasa dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah. Mereka memiliki perhitungan tersendiri dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Syawal.

Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Mohammad Anshori membenarkan adanya puluhan jemaah yang menggelar Salat Id hari ini. Mereka menggelar Salat Id di Masjid Nur Muhammad. Polisi mengamankan pelaksanaan Salat Id jemaah Al Muhdor ini. Total terdapat 65 jemaah yang mengikuti pelaksanaan sholat id tersebut. "Pelaksanaan Salat Id berlangsung lancar tanpa ada kendala," ujarnya, Rabu (19/04/2023).

Salat Id sendiri digelar tanpa menggunakan speaker. Jemaah melakukan takbir di dalam masjid sebagai tanda awal pelaksanaan Salat Id. Setelah Salat Id, mereka saling bersalaman. Sejumlah jemaah juga melakukan ziarah ke makam yang berada di belakang masjid. "Jemaah ini memulai puasa dua hari lebih awal dan hari rayanya juga lebih awak," terangnya.

Menurut Anshori pelaksanaan Salat Id lebih awal ini menjadi tradisi bagi Jemaah Al Muhdor. Mereka diketahui memiliki perhitungan tersendiri untuk menentukan awal bulan Ramadhan serta Syawal.(int)

  • Bagikan