Cuaca Saat Lebaran, Diprediksi Cerah Berawan

  • Bagikan
--ilustrasi cuaca--
  • Hujan Turun Waktu Sore

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca saat hari lebaran Idulfitri 1444 H nanti cerah berawan.
Seperti disampaikan Prakirawan BMKG Makassar, Nur Asia Utami, kalau di Tana Luwu, khususnya, hari lebaran Jumat dan sabtu dalam kondisi cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan dan sedang diprediksi turun saat sore hari mulai pukul 14.00-17.00 Wita.
Seperti di wilayah Kota Palopo, sejak pagi sampai pukul 14.00 Wita cerah berawan. Lalu 14.00 Wita-17.00 Wita akan turun hujan.
Sama halnya dengan wilayah di Kab. Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur, juga cerah berawan.
Namun, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan datangnya kondisi cuaca ekstrem sewaktu-waktu. Lantaran saat ini masih terjadi adanya pengaruh peralihan musim dari hujan ke kemarau.
Pada masa transisi itu masih ada potensi hujan, terutama pada siang hari menjelang sore hari, kemudian saat sore hari, dan pada malam hari.
"Masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, walaupun dengan durasi singkat di beberapa wilayah," ujarnya.
Maka dari itu, pihaknya meminta para pemudik untuk mewaspadai hal itu.

Ancaman Bencana Hidrometeorologi
Sementara itu, terkait ancaman bencana hidrometeorologi diungkapkan bahwa masih berpotensi pada akhir April.
Karena biasanya pada masa transisi, kecenderungannya terjadi hujan lebat dengan durasi singkat dan disertai gelap petir.
Kemudian adapula potensi angin kencang dan puting beliung karena berasal dari awan kumolonimbus biasanya berpeluang terjadi pada saat masa transisi cukup besar.
Ia mengimbau masyarakat untuk selalu mengupdate informasi yang dikeluarkan BMKG, baik peringatan dini maupun prakiraan cuaca.(idr)

  • Bagikan