Pasca Lebaran, Ini 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi yang Wajib Dihindari, Catat!

  • Bagikan

Udang.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Seluruh umat Islam di dunia sudah merayakan Hari Raya Idulfitri atau lebaran.

Biasanya, dalam merayakan momen ini, akan ada banyak hidangan lezat yang disajikan. Mulai dari makanan berat seperti opor ayam dan rendang hingga makanan ringan seperti nastar hingga kastengel.

Makanan-makanan ini tentu saja sangat nikmat untuk disantap. Namun, perlu juga dikontrol ketika mengonsumsi makanan tersebut. Mengingat, makan-makanan tersebut memiliki kadar lemak, kolestrol, dan gula yang tinggi.

Jika dikonsumsi berlebihan dengan intensitas waktu yang sering, dapat mengganggu kesehatan. Mulai dari kolestrol tinggi hingga diabetes, termasuk asam urat.

Untuk itu, perlu diketahui, makanan penyebab asam urat tinggi yang salah  satu wajib untuk dijauhi, khususnya bagi penderita asam urat.

Yah, bukan tanpa alasan. Karena, mengkonsumsi makanan sembarang bisa memperburuk kondisi asam urat. Khususnya makanan yang mengandung banyak purin dapat meningkatkan asam urat.

Sehingga, makanan-makanan tersebut harus dihindari dan sebaiknya jangan dikonsumsi. 

Pasalnya, jika asam urat semakin memburuk akan menimbulkan gejala seperti nyeri sendi, batu ginjal, diabetes hingga penyakit jantung.

Tentu beberapa penyakit tersebut sangat membahayakan kesehatan.

Untuk itu, sangat penting mengetahui dan menghindar makanan-makanan yang menjadi penyebab asam urat.  Perlu dicatat, beberapa makanan penyebab asam urat yang dilansir dari Livestrong:

1. Jeroan Sapi 

Yang pertama adalah Jeroan sapi. Jeroan sapi adalah salah satu makanan yang harus dihindari bagi Anda yang mengidap asam urat tinggi.

Pasalnya, jeroan sapi mengandung banyak purin dan lemak yang mampu meningkatkan kadar asam urat.

2. Jeroan Ayam

Selain jeroan sapi, Anda juga perlu waspada saat akan mengkonsumsi jeroan ayam. Sama halnya seperti jeroan sapi, jeroan ayam juga mengandung banyak purin.

Cobalah untuk mengkonsumsi bagian ayam yang mengandung sedikit purin dan lebih banyak protein, contohnya seperti dada ayam. 

3. Ikan Teri 

Makanan penyebab asam urat lainnya adalah ikan teri. Bagi Anda yang hobi mengkonsumsi ikan asin, khususnya ikan teri Anda mesti berhati-hati. Pasalnya, ikan teri mengandung banyak purin yang menjadi salah satu penyebab asam urat.

4. Udang 

Udang adalah salah satu seafood yang cukup banyak digemari orang karena mempunyai rasa yang gurih dan enak. Namun Anda perlu waspada, pasalnya udang merupakan makanan yang menjadi salah satu penyebab asam urat. 

Hal tersebut dikarenakan udang mengandung banyak purin yang berbahaya bagi pengidap asam urat tinggi.

5. Kerang 

Selain udang, kerang juga salah satu seafood yang harus dihindari penderita asam urat tinggi. Meski mempunyai banyak nutrisi, kerang bisa meningkatkan asam urat yang justru jika dipaksa untuk makan akan berdampak buruk pada kesehatan. (*/net/pp)

  • Bagikan