Anda Gatal-gatal, Berikut Lima Salep yang Ampuh Mengatasinya

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Terkadang kita didera gatal-gatal. Makin digaruk justru malah makin bertambah gatal. dan, pada akhirnya terjadi iritasi. Nah, kalau ingin mengatasi rasa gatal-gatal ini, ada beberapa salep gatal dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal akibat kulit kering, alergi, radang kulit atau dermatitis, infeksi jamur, hingga gigitan serangga.

Selain untuk meredakan gatal, beberapa salep mengandung komposisi yang ampuh untuk mengatasi penyebab gatal.

Kulit gatal sering disertai gejala lain, seperti kulit kemerahan, bentol, lecet, bersisik, hingga pecah-pecah.

Beberapa salep gatal mengandung bahan alami, seperti aloe vera, ekstrak tanaman hammamelis, dan endapan belerang. Ada juga yang memiliki efek antiradang, seperti betametason atau asam salisilat.

Berikut adalah beberapa salep gatal pilihan untuk Anda yang dilansir website alodokter:

Caladine Gel

Caladine Gel merupakan salep gatal yang mengandung mentimun, ekstrak tanaman hammamelis, lidah buaya, champora, menthol, serta panthenol. Perpaduan bahan tersebut dapat membantu mengurangi gatal dan meredakan peradangan pada kulit.

Bahan-bahan di dalam salep gatal ini juga diketahui mampu melembapkan dan memberikan sensasi dingin di kulit.

Untuk menggunakan Caladine Gel, oleskan salep secara merata pada bagian kulit yang mengalami gatal. Anda bisa membeli produk ini secara bebas tanpa resep dokter.

Konicare Gel Pengurang Gatal

Konicare Gel Pengurang Gatal adalah salep gatal dengan kandungan sari bunga hammaelis. Kandungan ini dapat meredakan bengkak dan gatal di kulit akibat gigitan nyamuk atau serangga.

Salep gatal ini juga mengandung ekstrak Aloe barbadensis atau yang lebih dikenal dengan Aloe vera (lidah buaya). Ekstrak lidah buaya diketahui memiliki efek menyejukkan, melembabkan, dan meredakan peradangan.

Anda tinggal mengoleskan produk ini secukupnya ke area kulit yang gatal. Konicare Gel Pengurang Gatal bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter.

Salep Kulit 88

Salep Kulit 88 adalah salep gatal yang mengandung asam salisilat, asam benzoat, dan endapan belerang. Kombinasi bahan ini diketahui memiliki efek antibakteri dan antijamur sehingga bisa digunakan untuk mengatasi beragam penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, kudis, kutu air, atau gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Untuk memakai Salep Kulit 88, bersihkan dan keringkan bagian kulit yang gatal, kemudian oleskan secukupnya 3 kali sehari. Anda tidak memerlukan resep dokter untuk membeli Salep Kulit 88.

Cloveril Salep 2-4

Cloveril Salep 2-4 mengandung bahan asam salicylic acid, sulfur praecipitat, dan eugenol. Perpaduan kandungan ini mampu mengatasi kadas, kudis, kutu air, hingga dermatitis seboroik. Dengan begitu, gatal dan keluhan lain yang diakibatkan kondisi tersebut bisa mereda.

Untuk menggunakan salep gatal ini, oleskan secukupnya pada bagian kulit yang terdampak, 1–2 kali sehari. Cloveril Salep 2-4 dapat dibeli bebas di apotek.

Diprosalic Salep

Diprosalic Salep adalah salep gatal yang mengandung betamethasone dipropionate dan asam salisilat. Kombinasi kedua bahan tersebut mampu meredakan gatal dan peradangan. Selain itu, asam salisilat bisa membantu meningkatkan kelembapan kulit dan memudahkan proses pengelupasan kulit sehingga kulit menjadi lebih lembut.

Untuk menggunakan Diprosalic Salep, oleskan salep gatal ini pada bagian kulit yang yang terdampak 2 kali sehari. Salep ini hanya bisa dibeli dengan melampirkan resep dokter.

Beberapa salep gatal di atas bisa menjadi pilihan untuk mengatasi kulit yang gatal. Namun, jika setelah menggunakan salep gatal kondisi tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (net/pp)

  • Bagikan