Dapil Sulsel 3 DPR RI Ketat Bacaleg Diisi 7 Petahana, Bupati, Keluarga Bupati, dan Tokoh Masyarakat

  • Bagikan
ILUSTRASI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Pileg Februari 2024. Salah satu daerah pemilihan yang cukup ketat persaingan yaitu Dapil Sulsel 3.

Dapil ini meliputi 9 kabupten/kota. Yakni, Kab. Luwu, Kota Palopo, Kab. Lutra, Kab. Lutim, Toraja Utara, Tana Toraja, Sidrap, Enrekang, dan Pinrang.

Di dapil ini komposisi bacalegnya dari sejumlah parpol peserta Pileg 2024, diisi mantan bupati, istri bupati, pengusaha, dan tokoh masyarakat berpengaruh di daerah masing-masing.

Tiap-tiap daerah punya jagoan masing-masing. Di Pileg 2024 selain petahana, para caleg pendatang baru jangan dianggap remeh. Mereka adalah mantan kepala daerah ataupun saat ini menjabat sebagai pimpinan dewan.

Di dapil Sulsel 3, jumlah kursi atau perwakilan di Senayan sebanyak 7 kursi. Sementara parpol peserta Pemilu 2024 mencapai 18 parpol. Artinya, dipastikan banyak parpol yang tidak akan mempunyai keterwakilan kursi di Senayan.

Di Dapil Sulsel 3 petahana yang akan kembali maju adalah Wakil Ketua Banggar DPR RI, Rusdi Masse (NasDem), Muhammad Dhevy Bijak yang juga putra Wakil Bupati Luwu saat ini Alm. Syukur Bijak (Demokrat), lalu ada istri mantan Wakil Bupati Torut Eva Stevany Rataba (NasDem), mantan Bupati Enrekang La Tinro Latunrung (Gerindra), suami Bupati Lutra, Muhammad Fauzi (Golkar). Lalu ada Sarce Bandaso Tandiasik yang juga istri dari anggota DPRD Sulsel Esra Lamban (PDIP), dan Mitra Fachruddin putra Bupati Enrekang saat ini (PAN).

Selain para incumbent, nantinya komposisi bacaleg juga diprediksi akan diisi nama-nama tenar. Sebut saja mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (Gerindra), Andi Baso Unru yang diketahui juragan kapal (Gerindra), putri Ketum BPP KKLR Hj Aisyah Tiar AK (Gerindra), dan Ahmad Abdi Baramuli (Gerindra).

Sementara itu, mantan anggota DPR RI Hj Felicitas Tallulembang yang Pileg sebelumnya di Dapil Sulsel 3, nampaknya memilih pindah dapil ke Sulsel 2 (Sinjai). Diketahui, anaknya Andi Seto Asapa juga adalah Bupati Sinjai saat ini.

Lalu, ada nama Ketua TP PKK Luwu (istri Bupati Luwu) Hj Hayarna Basmin (Nasdem), Ketua Nasdem Lutra Putri Dakka, Ketua TP PKK Torut (istri Bupati Torut) Ny. Agustina M Bassang (Golkar), anggota DPRD Sulsel 2 Periode John Rende Mangontan (Golkar), La Kama Wiyaka (Golkar), dan Bupati Enrekang Muslimin Bando (Golkar).

Selanjutnya, Ir Dewi Sartika Pasande (DSP) yang merupakan CEO PT JAS Mulia (Demokrat), Ketum IKAT Nusantara Irjen Pol Frederik Kalalembang (Demokrat), Hj Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (Golkar), Hasrul Rahman SE (Golkar), Darwis Ismail yang juga seorang pengusaha di Jakarta (PPP), dan H. Haidir Basir (PPP). PKB menjagokan Irwan Hamid, Epi Pakulu, dan Nurhan Tabau.

Partai Hanura menjagokan Amsal Sampetondok, Partai Gelora menjagokan Ryan Latief dan Jafar Sodding. Partai PKS menjagokan A Arsyid. PAN menjagokan Amran SE.

Untuk PDIP sebagai parpol berkuasa saat ini menarget peningkatan raihan kursi pada Pemilu 2024 mendatang.
Ketua PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri mengatakan, pada Pemilu 2024 nanti, partainya menargetkan 5 kursi untuk DPR RI. Target tersebut meningkat dua dari sebelumnya yang hanya menyumbang tiga kursi.

“Target kursi 2024, DPR RI target 5 kursi. Untuk dapil (daerah pemilihan) 1 tetap bertahan 1, dapil Sulsel 2 kita target dua dan dapil Sulsel 3 menambah jadi 2,” ujarnya saat penutupan Rakerda PDIP Sulsel di Hotel Claro Makassar, beberapa waktu lalu.

Target peningkatan kursi juga dibidik untuk tingkat DPRD Sulsel, yakni 12 kursi yang sebelumnya, hanya memiliki 8 kursi di DPRD Sulsel.

"DPRD Sulsel target dari 8 menjadi 12 kursi. Dapil 11 kita target tambah 2," kata anggota DPR RI ini. Untuk target DPRD kabupaten/kota, PDIP Sulsel menargetkan total 106 kursi.

Jumlah ini naik sekitar dua kali lipat daripada raihan sebelumnya yang hanya 63 kursi. ARW menyebutkan, untuk mewujudkan target tersebut, PDIP Sulsel mengeluarkan rekomendasi eksternal hasil Rakerda yakni terus berjuang memastikan, mengarahkan, mengawal dan mengamankan kebijakan-kebijakan Politik Pemerintah agar tetap mengandung satu arah, satu tujuan.

Sejumlah bacaleg DPR RI PDIP dari Dapil Sulsel 3, yaitu Sarce Bandaso Tandiasik (incumbent), Dr Abd Thalib Mustafa, Kalatiku Paembonan (mantan Bupati Torut), dan Owner PO Primadona Opi Sanda.

Lalu, sejumlah kepala daerah saat ini yang sudah dua periode, juga berpeluang untuk maju ke Senayan. Seperti Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang, Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, dan Bupati Lutra Hj Indah Putri Indriani.(idr)

Nama-nama Disebut Bakal Maju Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3

Petahana

Rusdi Masse (NasDem)
Muhammad Dhevy Bijak (Demokrat)
Eva Stevany Rataba (NasDem)
La Tinro Latunrung (Gerindra)
Muhammad Fauzi (Golkar)
Sarce Bandaso Tandiasik (PDIP)
Mitra Fachruddin (PAN)

Tokoh-tokoh Disebut akan Maju

Andi Mudzakkar (Gerindra)
Andi Baso Unru (Gerindra)
Ahmad Abdi Baramuli (Gerindra)
Hj Hayarna Basmin (Nasdem)
Putri Dakka (Nasdem)
Dewi Sartika Pasande (Demokrat)
Irjen Pol Frederik Kalalembang (Demokrat)
Hj drg Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (Golkar)
Ny. Agustina M Bassang (Golkar)
Hasrul Rahman (Golkar)
John Rende Mangontan (Golkar)
La Kama Wiyaka (Golkar)
Muslimin Bando (Golkar)
Darwis Ismail (PPP)
Haidir Basir (PPP)
Irwan Hamid (PKB)
Epi Pakulu (PKB)
Nurhan Tabau (PKB)
Amsal Sampetondok (Hanura)
Dr Abd Thalib Mustafa (PDIP)
Kalatiku Paembonan (mantan Bupati Torut/PDIP)
Opi Sanda (PDIP)
Ryan Latief (Gelora)
Jafar Sodding (Gelora)
A Arsyid (PKS)
Amran SE (PAN)

Kada Berpeluang Maju Caleg Senayan

Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang
Wali Kota Palopo HM Judas Amir
Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung
Bupati Lutra Hj Indah Putri Indriani

  • Bagikan