Ketum IKaT Nusantara Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang Bersilaturahmi dengan Kapolda Sulsel

  • Bagikan
Ketum Ikatan Keluarga Toraja (IKaT) Nusantara, Irjen Pol ( P) Drs.Frederik Kalalembang bersilaturahmi dengan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni., S.H.,M.Hum. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR -- Ketum Ikatan Keluarga Toraja (IKaT) Nusantara, Irjen Pol ( P) Drs.Frederik Kalalembang bersilaturahmi dengan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni., S.H.,M.Hum, dan sekaligus memberikan masukan dan saran khususnya tentang masyarakat Toraja yang ada di Sulawesi Selatan, Rabu 10 Mei 2023.

Irjen Pol (P) Frederik yang juga Bacaleg DPR RI Partai Demokrat Dapil Sulsel 3 ini menyampaikan dan sekaligus menyampaikan beberadaan masyrakat Toraja yang ada dirantau khususnya yang ada tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, Organisasi IKat Nusantara ini dimaksudkan sebagai tempat berhimpun seluruh organisasi kerukunan kekeluargaan masyarakat Toraja dari berbagai wilayah di Nusantara dan Mancanegara.

Deklarasi digelar Sabtu 1 Oktober 2022, tahun lalu di Gedung Tribrata tersebut diikuti para utusan dari berbagai lembaga organisasi sosial kemasyarakatan Toraja se-Indonesia.

Tokoh-tokoh Toraja yang hadir pada kesempatan itu antara Irjen Pol. Purn Frederik Kalalembang, mantan Bupati Tana Toraja Kol. Inf. Purn. Drs. Tarsis Kodrat, mantan Anggota DPD RI Litha Brent, mantan Anggota DPR RI Carol Yani Kadang, Ir. Jonathan Pasodung, MT, Yuli Parantean Bura, H. Annar Sampetoding, Ir. Bobby Sangka’, Ronny D. Tulak, Dr. David Allorerung, Ishak Pagalla, Dr. Edy Ratetasak, Alex Rantetoding, Emyati Tangke Lembang, Nemba Tangkeallo, Saltje Talamma’, H. Ramli Randa, Prof. Dr. Marthen Napang, drg. Ferry Latanna, Hendra Sinadia, SH, MBA, Daud Gala, dan lain sebagainya.

“Adanya IkaT Nusantara, tidak akan mengubah status, eksistensi dan simbol-simbol serta nama dari berbagai organisasi kerukunan masyarakat Toraja yang sudah ada sebelumnya,” kata Ketua Umum IKat Nusantara Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang atau yang akrab disapa dengan tagline JFK.

Naskah deklarasi waktu itu, ditandatangani oleh utusan dari beberapa organisasi kemasyarakatan dari berbagai daerah. Antara lain Kombongan Sangtorayaan Makassar, HIKMAT Bandung, IKAT Jabodetabek, IKAT Kabupaten Luwu, IKAT Luwu Timur, IKAT Malang, IKAT Tarakan, IKAT Tana Luwu, IKKT Batam, IKKT Probolinggo-Lumajang, IKT Asmat, IKT Merauke, IKT Papua, IKAT Malang dan lain-lain.(idr)

  • Bagikan