BPJamsostek Palopo Sosialisasikan Program di Polres Enrekang

  • Bagikan
Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Palopo, Rusdiansyah (dua dari kanan) bersama Kapolres Enrekang, AKBP Dedi Surya Dharma, Kepala Dinas Tenaka Kerja Enrekang saat foto bersama usai melakukan sosialisasi program.

ENREKANG -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palopo (BPJamsostek ) melakukan kolaborasi dan sosialisasi program jaminan sosial
ketenagakerjaan (Jamsostek) di Polres Enrekang, Kamis, 11 Mei 2023 lalu.

Sosialisasi ini merupakan sinergi bersama antara BPJamsostek bersama Polri dalam penegakan kepatuhan terhadap pemberi kerja badan usaha juga kepada perangkat desa yang ada di desa.

Kapolres Enrekang, Dedi Surya Dharma menyampaikan, kerja sama ini adalah tindak lanjut atas kerjasama Polri di tingkat pusat. ”Sosialisasi kepada Polri dalam hal ini Bhabinkamtibmas merupakan bagian dari upaya
implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021, tentang Optimalisasi Program Jaminan
Sosial Ketenagakerjaan khususnya di tingkat wilayah Kabupaten Enrekang,'' sebut Kapolres Enrekang.

Keterlibatan polisi dalam sosialisasi tersebut, sebutnya dapat meningkatkan kepatuhan pemberi kerja, masyarakat pekerja untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta
BPJamsostek.

”Sesuai instruksi, kami siap mendukung program BPJS Ketenagakerjaan. Ini juga sebagai bagian dari tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tambah Kapolres Enrekang.

Sementara itu, Kepala BPJamsostek Cabang Palopo, Rusdiansyah dalam kesempatan tersebut menyampaikan, BPJamsostek hadir untuk melindungi pekerja baik di sektor formal (penerima upah) maupun sektor informal (bukan penerima upah), yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyakrakat pekerja tanpa terkecuali.

”Ya, kami memberikan perlindungan kepada para pekerja yang ada di tingkat desa atau kelurahan, seperti para pedagang pasar, petani, pekerja rentan desa yang merupakan pekerja bukan penerima upah maupun perusahaan yang ada di tingkat desa,” kata Rusdiansyah.

Sebagai langkah awal, BPJamsostek memberikan sosialisasi kepada jajaran Polres Enrekang yang harapannya pada saat sosialisasi kepada masyarakat pekerja di desa, Bhabinkamtibmas yang lebih dikenal dan mengenali wilayah binaannya di desa bisa membantu dalam menggalakkan sosialisasi dan penegakan kepatuhan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan khususnya di wilayah Kabupaten Enrekang.

”Kami mengapresiasi dukungan dari Polres Enrekang yang akan siap memberikan pendampingan di setiap sosialisasi BPJamsostek. Dan kami berharap kerjasama ini dapat
bermanfaat dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada seluruh pekerja di Kabupaten Enrekang,” tutur Rusdiansyah.(rhm)

  • Bagikan