Tujuh CJH Palopo Tunda Berangkat, Ini Masalahnya

  • Bagikan
Calon jemaah haji. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sebanyak tujuh orang calon haji Palopo, Sulawesi Selatan, tunda berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.
Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag)Kota Palopo, Drs. H Jufri MA kepada Palopo Pos, Selasa 23 Mei 2023.

Jufri menyampaikan kuota jamaah haji untuk kuota Palopo sebanyak 104 orang, namun ada beberapa orang yang batal berangkat.

"Kalau kuota haji itu ada 104 orang dan ada yang batal berangkat karena beberapa pertimbangan," kata Jufri, Selasa, 23 Mei 2023.

Pembatalan keberangkatan calon haji tersebut karena dua orang sedang hamil, tiga orang karena sakit, dan dua orang lainnya masih menunggu penggabungan keluarga, sehingga sebanyak tujuh orang tersebut dipastikan batal untuk berangkat dari kuota 104 orang tersebut.

Meski ketujuh orang itu batal berangkat, sebutnya, kuotanya masih tetap 104 orang karena daftar tunggu lainnya yang diseleksi dan memenuhi syarat akan menjadi pengganti ketujuh calon haji itu.

"Digantikan dari nomor urut bawah bisa naik dan Kota Palopo mendapat beberapa tambahan yaitu tambahan lansia ada 4 orang dan cadangan 20 orang," sebutnya lagi.

Jufri menambahkan, Kota Palopo bergabung di kloter 21 bersama Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Wajo dan akan masuk gelombang kedua pemberangkatan pada 8 Juni 2023.

"Jadi nanti masuk asrama itu 7 Juni dan akan dikarantina sehari kemudian diberangkatkan ke tanah suci setelah melalui serangkaian karantina di asrama haji," ucapnya.

Sementara itu, lanjutnya cuaca di Kota Mekkah cenderung terik dan berangin. Sinar matahari terik menyengat kulit. Mata pun terasa perih dan silau jika tidak menggunakan kacamata.

Dengan kondisi ini, dirinya menyarankan jamaah untuk nantinya menggunakan alat pelindung diri seperti topi, kacamata, payung, dan jangan lupa alas kaki.

''Jamaah diimbau agar selalu membawa tempat minum. Tujuannya adalah agar jamaah selalu minum setiap saat guna menghindari dehidrasi,'' tandasnya.(rachmy yusuf)

RINCIAN CJH BATAL BERANGKAT

  • Hamil 2 orang
  • Sakit 3 orang
  • Tunggu Penggabungan keluarga 2 orang
  • Bagikan