KRI Polres Palopo “Doyan” Janda

  • Bagikan

*Iptu Kamal: Tolong Infonya Kalau Ada yang Mau Dibantu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID BATTANG--Kanit Regident (KRI) Polres Palopo, Iptu Kamalufdin SH, rupanya tidak bosan-bosan mendatangi janda yang ada di Kota Palopo.

Bukan hanya janda, tetapi para gadis tua (gastu) yang jika diketahui ada yang masih hidup sendiri tanpa ditemani siapa-siapa, perwira dua balok yang akrap dipanggil Kamal itu, tak tanggung-tanggung menyambangi sasaran.

Tapi jangan salah kaprah dulu, janda serta gastu yang dimaksud bukan untuk dipacari ataupun diperistrikan.

Melainkan dibantu bagi dari segi materi maupun finansial.

Seperti wanita beranak empat yang ada di Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat Kota Palopo, Kamis, 25 Mei 2023.

Janda bernama Julianti 40 tahun tersebut, sudah lama ditinggal pergi oleh suaminya.

Kesehariannya hidup menafkahi keempat orang anaknya dengan pekerjaan yang tidak menentu.

Kadang, menjual sayur pakis yang diambil di hutan dengan situasi medan yang sangat mebahayakan keselamatan Julianti.

Atas informasi dari Bhabinkamtibmas Bripka Okto Abriadi, KRI Sat lantas Polres Palopo mendatangi tempat tinggal janda empat anak.

Iptu Kamal, memang dikenal selalu membantu warga yang tidak mampu, terutama para janda dan gastu.

"Tolong bagi warga Kota Palopo yang mendapat informasi mengenai warga yang butuh bantuan atau uluran tangan karena kondisi sosial dan ekonomi tidak terkecuali Janda yang menghidupi empat orang," kata Kamal.

Sedikit dijelaskan Kamal, Julianti memiliki kondisi ekonomi yang sangat memperihatinkan.

Atas dasar itu, KRI respon cepat di temani beberap personil Samsat Sat Lantas Palopo dan Babhinkamtibmas mendatangi tempat tinggal janda empat anak tersebut yang berada di perbatasan Palopo dengan Tanah Torata.

"Kondisinya sangat mempritinkan kasian, mereka tinggal di bawah kolom rumah orang yang berada di Tebing gunung jalur poros Palopo Tanah Toraja, meskipun kolom bawah rumah yang di tempati masih ada hubungan keluarga dengan si janda empat anak itu. Kondisinya sangat tidak layak dan tidak aman apalagi ibu empat orang tesebut tidak punya pekerjaan tetap. Sesekali hanya biasa jual Pakis dan sayur untuk hidupi anak anaknya," cerita Kamal.

Terpisah, Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin SH Sik MH, melalui Kasat Lantasnya AKP Rusdy Yunus S.SH menambahkan, pihaknya mendapat informasi dari Bhabin Battang kalau ada warga miskin estrim dan anaknya ada empat kategori stunting.

KRI dengan sigap langsung mendatangi dan membantu meringankan beban ibu tersebut.

"Mereka sangat membutuhkan bantuan beras dan uang untuk berobat anaknya yang sedang sakit. Alhamdulillah Pak Kanit sudah datangi insya allah semoga, orang-orang yang berkelebihan yang mengetahui kondisi ibu empat anak tersebut bisa juga ikut meringankan bebas janda empat anak itu," tutup Kasat Lantas.(kahar iting)

  • Bagikan