Asyik, Bisa Liburan Panjang, Ini Jadwal Cuti Bersama 2023 Pekan Depan

  • Bagikan

--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ini kabar gembira minggu depan bagi yang ingin menikmati liburan panjang. Karena, ada jadwal long weekend selama empat hari yang bisa kita manfaatkan untuk berlibur.

Yah, libur selama 4 hari tersebut dimulai pada 1 Juni 2023 (Kamis): Hari Lahir Pancasila 2023, 2 Juni 2023 (Jumat): Cuti bersama Hari Raya Waisak 2023, dan 4 Juni 2023 (Minggu): Hari Waisak 2023.

Nah, menyambut long weekend, mungkin sudah banyak orang yang mempersiapkan jadwal liburan.

Bila kamu butuh bantuan, ada sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat rencana berlibur tersusun rapi lho.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan selama mempersiapkan dan saat sedang berlibur nanti:

1. Trabee Pocker

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan saat sedang berlibur adalah mengatur pengeluaran. Jangan sampai selesai berlibur, keuanganmu menipis.

Untuk mengatur keuangan selama berlibur kamu bisa menggunakan Trabee Pocker yang tersedia di Play Store dan App Store. Aplikasi ini bisa melacak pengeluaran selama liburan dan dipantau selama format statistik.

Di dalam aplikasi, kamu bisa menganalisa jumlah pengeluaran dengan berbagai kategori seperti makan, belanja, transportasi atau penginapan. Statistik ini bisa diekspor dalam format PDF.

2. Klook

Klook merupakan aplikasi pemesanan tiket wisata, restoran, taman hiburan, hingga pertunjukan. Aplikasi ini tersedia di App Store dan Play Store.

Di dalamnya juga tersedia berbagai diskon yang bisa digunakan untuk membeli berbagai tiket. Klook juga memiliki fitur Klook Live untuk pengguna dapat melihat beragam video rekomendasi liburan dengan banyak diskon.

3. Wanderlog

Wanderlog dapat digunakan untuk merencanakan perjalanan. Mulai dari mengorganisir hingga memetakan rencana liburan.

Aplikasi ini juga memungkinkan terhubung dengan teman dan keluarga yang berlibur bersama. Jadi para pengguna bisa merencanakan perjalanan bersama secara real time. Saat memasukkan tempat wisata, aplikasi akan memasukannya pada fitur peta berbasis Google Maps dan mencari rute dengan jarak tempuh paling efisien.

Selain itu Wanderlog juga menyediakan berbagai rekomendasi obyek wisata dan restoran. Aplikasi bisa didownload pada App Store dan Play Store.

4. PackPoint

Aplikasi ini bisa digunakan untuk merekomendasikan barang yang dibutuhkan selama perjalanan. Ini akan disesuaikan dengan lama liburan, cuaca, dan aktivitas yang dilakukan.

Proses packing semakin efektif dan efisien, serta tanpa takut akan kelebihan bagasi dengan fitur pengingat di dalamnya. PackPoint dapat diinstal di App Store dan Play Store.

5. Accuweather

Cuaca jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama berlibur. Kamu bisa menggunakan Accuweather mengecek cuaca di tempat berlibur, dengan begitu bisa menyiapkan baju yang sesuai dan waktu terbaik ke tempat wisata.

Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan memasukkan lokasi liburan maka akan terlihat cuaca hingga suhu di sana. Accuweather dapat diinstal di Play Store dan App Store.

6. Circa

Menghabiskan waktu liburan di luar negeri akan ada perbedaan waktu dengan Indonesia. Jadi kamu membutuhkan Circa yang dapat mengecek zona waktu setempat secara akurat.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menyesuaikan waktu dengan Indonesia. Apalagi jika kamu masih membawa utang pekerjaan dan harus tetap terhubung dengan kantor selama cuti bersama. Circa dapat diinstal di App Store.

7. Red Bus

Jika kamu akan berlibur dengan transportasi darat seperti bus, kereta atau mobil, gunakan aplikasi Red Bus. Di sini kamu bisa memesan tiket kendaraan tersebut dengan perusahaan terpercaya seperti Nusantara, Pahala Kencana, Lintas, Xtrans, Sumber Alam, Lorena, dan masih banyak lagi.

Kamu juga dapat melacak perjalanan dan rest stop. Selain itu juga dapat menentukan titik turun. Red Bus tersedia di App Store dan Play Store.

8. Travelio & Airbnb

Belum memesan tempat menginap selama cuti bersama nanti? Kamu bisa memanfaatkan Travelio atau Airbnb untuk memesan penginapan. Jangka waktunya juga bisa harian, mingguan, hingga bulanan.

Aplikasi tersebut menyediakan sewa tempat menginap berbentuk apartemen, rumah, vila, hingga guest house. Baik Travelio dan Airbnb tersedia di App Store dan Play Store.

9. Aplikasi Booking Hotel & Tiket Pesawat

Ada beragam aplikasi booking penginapan dan tiket kendaraan yang juga bisa dimanfaatkan. Mulai dari Traveloka, Agoda, Tiket.com, Booking.com, dan Trivago.

Kamu bisa mencari tempat menginap atau transportasi dengan memasukkan lokasi tujuan dan tanggal liburan. Terdapat fitur filter untuk menyesuaikan pencarian dengan budget berlibur ataupun fasilitas yang diinginkan.

Seluruh aplikasi dapat diinstall baik untuk pengguna Android maupun iOS.

10. Aplikasi Peta Digital

Aplikasi penting lainnya yang harus digunakan selama berlibur adalah peta digital. Sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan mulai dari Google Maps, Waze, MAPS.ME, dan Polaris GPS.

Peta digital dapat menentukan rute perjalanan berbagai moda transportasi mandiri dan umum. Termasuk juga beragam rute yang bisa jadi pilihan menuju tempat wisata atau liburan.

Semua aplikasi tersedia untuk diinstall di App Store dan Play Store.

Adapun Jadwal cuti bersama dan libur nasional 2023

Selain libur selama Lebaran, pemerintah juga telah menetapkan cuti bersama 2023. Berikut adalah jadwalnya:

23 Januari 2023 (Senin): Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili

23 Maret 2023 (Kamis): Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945

2 Juni 2023 (Jumat): Hari Raya Waisak 2023

26 Desember 2023 (Selasa): Hari Raya Natal 2023

Adapun, hari libur nasional 2023 adalah sebagai berikut:

1 Januari 2023 (Minggu): Tahun Baru Masehi 2023

22 Januari 2023 (Minggu): Tahun Baru Imlek 2023

18 Februari 2023 (Sabtu): Isra Mi'raj

22 Maret 2023 (Rabu): Hari Suci Nyepi 2023

7 April 2023 (Jumat): Wafatnya Isa Almasih

22-23 April 2023 (Sabtu-Minggu): Hari Raya Idul Fitri 1444 H

1 Mei 2023 (Senin): Hari Buruh 2023

18 Mei 2023 (Kamis): Kenaikan Isa Almasih

1 Juni 2023 (Kamis): Hari Lahir Pancasila 2023

4 Juni 2023 (Minggu): Hari Waisak 2023

29 Juni 2023 (Kamis): Idul Adha

19 Juli 2023 (Rabu): Tahun Baru Islam

17 Agustus 2023 (Kamis): Hari Kemerdekaan

28 September 2023 (Kamis): Maulid Nabi Muhammad SAW

25 Desember 2023 (Senin): Hari Natal 2023. (*/net/pp/uce)

 cuti bersama, aplikasi liburan, libur panjang, minggu depan,

  • Bagikan