Hasil Akhir Liga Inggris 2022-2023: City Juara, Arsenal Runner Up, Ini yang Terdegradasi, Ada Mantan Juara

  • Bagikan

Pemain Manchester City merayakan juara Liga Inggris tahun ini. --jp--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Akhirnya, Liga Inggris 2022-2023 berakhir. Ini setelah melakoni partai terakhir, atau pekan ke-38 pada Senin, 29 Mei 2023 dini hari Wita.

10 laga terakhir dimainkan untuk menutup musim 2022-2023, ada Arsenal yang menang 5-0 atas Wolverhampton Wanderers, lalu ada Chelsea yang ditahan Newcastle United 1-1, dan Everton yang selamat dari zona degradasi usai menang 1-0 atas Bournemouth.

Pertama mari bahas kemenangan besar Arsenal atas Wolves. Bermain di Stadion Emirates, The Gunners mampu tampil luar biasa hingga menang telak 5-0 atas tim tamunya tersebut.

Arsenal mengamuk sejak awal laga, di mana Granit Xhaka langsung mencetak dua gol di menit ke-11 dan 14. Setelahnya giliran Bukayo Saka yang menyumbang gol pada menit 27.

Kemudian dua gol tambahan tercipta di babak kedua. Kedua pemain Arsenal yang ikut mencatatkan namanya di papan skor itu adalah Gabriel Jesus dan Jakub Kiwior.

Dengan kemenangan itu, Arsenal lantas menutup Liga Inggris 2022-2023 dengan berada di urutan kedua dan memiliki 84 poin.

Lalu Chelsea yang tengah menjalani salah satu musim terburuknya kembali gagal meraih kemenangan. Bermain di Stamford Bridge, Chelsea cuma bisa imbang 1-1 saat menyambut Newcastle United.

Man City mengakhiri musim dengan keunggulan lima angka atas Arsenal yang bertengger di peringkat kedua. Tentunya musim ini akan selalu menjadi hal yang takkan terlupakan oleh para pendukung Arsenal.

Sebab The Gunners nyaris saja menjuarai Liga Inggris 2022-2023 andai mereka dapat konsisten di akhir musim. Namun, karena tak bisa konsisten di akhir musim, Arsenal yang awalnya lama memimpin di puncak klasemen Liga Inggris 2022-2023 pun disalip juga oleh Man City.

Kejutan hadir di peringkat keempat, yang mana dihuni oleh Newcastle United. Tim tersebut merebut tempat terakhir tiket ke Liga Champions musim 2023-2024.

Kemudian Liverpool yang langganan Liga Champions kini bakal bermain di Liga Eropa musim depan. Sebab tim asuhan Jurgen Klopp itu finis di posisi kelima.

Nantinya Liverpool akan ditemani Brigthon & Hove Albion yang juga akan bermain di Liga Eropa 2023-2024. Bagi Brighton yang finis di posisi keenam, itu adalah sejarah karena mereka akan memainkan kompetisi Eropa pertama mereka.

Sementara itu, Chelsea dan Tottenham Hotspur dipastikan takkan tampil di kompetisi Eropa pada musim depan. Sebab The Blues finis di peringkat ke-12, sedangkan Tottenham pada posisi kedelapan.

Untuk tim yang terdegradasi, ada Southampton, Leeds United, dan mantan juara Liga Inggris beberapa tahun lalu, Leicester City. Ketiga tim tersebut akan bermain di Championship pada musim 2023-2024. (*/pp/uce)

KLASEMEN AKHIR

LIGA INGGRIS 2022-2023

  • Bagikan