Ketua Bawaslu Palopo Pleno DPSHP di Bara dan Telluwanua

  • Bagikan

PALOPO --- Jumat 02 Juni 2023, Ketua Bawaslu Kota Palopo Dr.Asbudi dwi saputra, SH.,M.Kn melakukan monitoring Rapat pleno terbuka DPSHP akhir di Kecamatan Bara dan telluwanua

Asbudi mengatakan monitoring yang dilakukan ini Dalam rangka memastikan Rapat Pleno Terbuka DPSHP akhir berjalan sesuai dengan regulasi yang ada.

Dalam monitoring tersebut Ketua Bawaslu Kota Palopo memberikan motivasi penguatan sumber daya manusia kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu kelurahan sebelum dimulainya Rapat Pleno Terbuka DPSHP akhir Tingkat Kelurahan. “Tahapan DPSHP akhir ini merupakan tahapan yang sangat krusial maka dari itu semua jajaran pengawas pemilu harus benar-benar cermat. Apabila saat pleno terbuka ada hal-hal yang berpotensi pelanggaran Panwaslu Kecamatan atau panwaslu kelurahan wajib mempertanyakan seperti halnya jumlah Pemilih Memenuhi Syarat dan Tidak Memenuhi Syarat, disabilitas dan jumlah laki-laki dan perempuan disetiap kategori dimunculkan sebagai bentuk kontrol kesesuaian antara jumlah rekap harus sama dengan jumlah by name.

Jika terdapat perbedaan panwaslu kelurahan langsung bisa menyampaikan masukan atau saran perbaikan dibuktikan dengan dokumen auntentik.

Ia juga mengingatkan Ke Panwaslu Kelurahan (PKD) agar mencatat semua hasil pengawasan ke dalam Laporan hasil pengawasan (LHP) dan dilaporkan secara berjenjang, ujar Asbudi.(rls)

  • Bagikan