Rafi’i: Di Era Budiman, Pengelolaan PAD Lutim Semakin Jauh Lebih Efektif

  • Bagikan
Ketua BKPKP AMJI-RI, Muhammad Rafi'i

PALOPOPOS. CO. ID, MALILI- Sistem pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Luwu Timur khususnya di era pemerintahan, Drs Budiman MPd, sebagai Bupati dinilai semakin maju dan efektif. Secara rasional, PAD di Bumi Batara Guru setiap tahunnya meningkat dan over target.

Apresiasi itu disampaikan Ketua Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (BKPKP AMJI-RI), Muhammad Rafi'i, Kamis (8/6/2023). Substansi pengelolaan PAD secara profesional, transparan, dan akuntabel, dapat dilihat dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pajak dan Retribusi Daerah.

"Pemkab Luwu Timur di bawah kepemimpinan Pak Budiman sebagai Bupati menjadikan keberhasilan pengelolaan PAD sebagai manifestasi peningkatan kesejahteraan masyarakat Lutim, di sini sangat nampak peran dari Bupati Lutim mengoptimalkan PAD, di mana pengelolaan PAD Lutim dapat menjadi yang terbaik di Sulsel," ucap Rafi'i.

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Lutim, Budiman, saat menghadiri paripurna di DPRD beberapa hari lalu, PAD Lutim 2022 ditargetkan Rp1.616.869.357.811, namun di luar dugaan berhasil terealisasi Rp1.732.661.442.909,29 atau dengan prosentase over target 107,16%. "Dengan adanya payung hukum dalam bentuk Perda yang baru, maka harapan kita bersama PAD Lutim nantinya terkelola secara maksimal sesuai potensi sumber PAD yang dimiliki Lutim," terang Rafi'i. (rls/ikh)

  • Bagikan