Kakan Kemenag Lutra: JCH Tana Luwu tidak Telantar, Tapi Pindah Hotel yang Lebih Dekat Masjid Nabawi

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO.ID, MADINAH--Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Lutra, Dr Rusydi Hasyim MAg angkat bicara soal Jemaah Calon Haji (JCH) Tana Luwu (Lutra dan Lutim) yang diisukan telantar sebagaimana video yang viral, Kamis, 8 Juni 2023.


Menurut Rusydi Hasyim kepada Palopo Pos, Jumat, 9 Juni 2023, tidak benar CJH Lutra diusir keluar hotel dan telantar di Arab Saudi. Mereka dipindahkan ke hotel yang lebih dekat Masjid Nabawi, Madinah.

"Ini hanya proses perpindahan hotel ke hotel sebelah yang lebih dekat untuk penyesuaian dan memudahkan jamaah karena banyak Lansia. Dibutuhkan "kesabaran" dalam sebuah proses," sebut Rusydi melalui pesan WA.

Juga dijelaskan, CJH Lutra/Lutim sudah dua hari menginap di hotel. Lalu dipindahkan ke hotel yang lebih dekat Masjid Nabawi karena pertimbangan banyak Lansia.

Kenapa banyak tas/koper yang bertumpuk?

Lanjut Rusydi menjelaskan, sebenarnya pihak hotel yang bertanggung jawab untuk memindahkan barang CJH. Tapi karena CJH tidak mau terpisah dengan tas/kopernya, sehingga diangkat sendiri dan dikumpulkan di satu tempat.

Sebelumnya dilansir, sebuah video menghebohkan masyarakat Tana Luwu bahkan Sulsel tentang adanya Jemaah Calon Haji asal Luwu Utara dan Luwu Timur yang terlantar di Arab Saudi.

Namun, kabar tersebut ternyata salah paham, salah informasi di kalangan antar jemaah.

Dijelaskan Kepala Bagian Kesra Pemda Luwu Utara Muhammad Yamin saat di konfirmasi Palopo Pos menjelaskan bahwa kejadian tersebut hanya soal miskomunikasi.

Karena hotel yang dituju memang bukan hotel tempat jamaah haji Lutra menginap saat ini. (ikh)

  • Bagikan