Duh, PSM Gagal ke Liga Champions Asia, Penalti Wiljan Pluim Melambung di Mistar Gawang

  • Bagikan

Wiljam Pluim saat akan menerima umpan (foto: Instagram Bali United)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE--
Asa PSM Makassar melenggang ke Liga Champions Asia musim ini kandas. Tim Pasukan Ramang kalah terhormat dari Bali United, usai adu tos-tosan.

Wiljam Pluim gagal memanfaatkan momentum adu penalti. Tendangannya melambung di atasistar gawang.

Partai sengit leg kedua playoff Liga Champions Asia sampai 120 menit masih sama kuat 1-1.

Dengan hasil tersebut pun memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke babak pinalti.

Gol-gol yang tercipta di laga ini lahir dari gol bunuh diri Erwin Gutawa (51’) dan penyama kedudukan dari Rizky Eka Pratama (83’).

Pertandingan leg kedua babak playoff Liga Champions Asia berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Sabtu, 10 Juni 2023.

Pada menit ke-92 babak extra time, Bali United hampir saja unggul. Namun sayang sepakan dari pemain tim tamu masih membentur tiang gawang.

Di babak tambahan waktu ini terlihat Bali United yang lebih dominan dari segi penyerangan.

PSM Makassar sendiri terlihat lebih sabar dan menunggu untuk melakukan serangan balik.

Bali United harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-97 setelah Adilson Maringa di ganjar kartu merah oleh pengadil lapangan usai melanggar Adilson Silva yang berdiri bebas.

Peluang terakhir dari Wiljan Pluim melalui sepakan bebas gagal dimanfaatkan. Dimana sepakannya masih melebar di sisi kiri gawang.

Babak pertama extra time masih berakhir sama kuat 1-1 untuk kedua tim.

Masuk di babak kedua extra time, PSM Makassar yang unggul jumlah pemain langsung mengambil inisiatif serangan.

Pada menit ke-107, PSM kembali mendapatkan peluang. Namun, sepakan spekulasi M Arfan dari luar kotak pinalti masih di aman M Ridho dengan sangat baik.

PSM Makassar kembali peluang emas di menit ke-110, sayang sepakan dari Ricky Pratama masih membentur pemain Bali United.

Peluang melalui bola mati kembali gagal dari PSM, M Ridho masih mampu mementahkan sepakan Yuran Fernandes.

Sampai peluit panjang 120 menit di bunyikan tak ada gol yang tercipta dan pertandingan di lanjut ke babak adu pinalti.

Di babak adu pinalti, dua penembak pertama dari kedua tim Spasojevic dan Yuran berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Eksekutor kedua dari kedua tim Braw Nouri dan Adilson juga berhasil menjalanian tugasnya.

Ricky Fajrin dan Rasyid Bakri yang maju sebagai eksekutor ketiga untuk masing-masing tim juga sama-sama berhasil.

Eksekutor keempat Sumaima dan Ananda Raehan juga sama-sama berhasil mencetak gol.

Eksekutor kelima M Rahmat sukses menjebloskan bola sementara Wiljan Pluim gagal.

Membuat PSM Makassar harus takluk lewat drama pinalti dari Bali United dengan skor 5-6.

Pada babak pertama,
duel sengit di leg kedua babak kualifikasi playoff Liga Champions Asia di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu, 10 Juni 2023, untuk menentukan pemenang.

Pada babak pertama, kedua tim bermain imbang.

PSM Makassar dan Bali United di awal babak pertama langsung bermain terbuka. Namun PSM yang memainkan duo Sayuri di lini sayap mengancam pertahanan Bali United lebih dulu.

PSM Makassar yang bertindak sebagai tuan rumah tidak memberikan kesempatan bagi Ricky Fajri dkk untuk memegang bola cukup lama. Tekanan dilakukan pemain Juku Eja sebelum para pemain Bali United menguasai bola.

Meski begitu, Eber Bessa sempat keluar dari penjagaan. Eber Besa melepaskan sepakan yang berada tepat di pelukan penjaga gawang PSM Reza Arya Pratama.

Novri Setiawan gantian menebar ancaman gawang PSM. Erwin Gutawa sampai harus melanggarnya hingga berbuah pelanggaran.

Set piece diambil oleh Eber Bessa. Sepakannya mengarah ke gawang Reza, namun dapat diblok oleh Yuran Fernandes.

10 menit pertama menjadi milik Bali United yang terus menekan PSM. Para pemain PSM pun tampak kesulitan melakukan pola serangan balik.

Memasuki menit ke-12 tempo permainan sedikit menurun. PSM mencoba mendelay bola dengan menekankan penguasaan bola di area pertahanan sendiri.

Sementara para pemain Bali United lebih sabar menunggu di lini pertahanannya sendiri. Tampak Elias Dolah dan Brwa Nouri pun dengan sigap terus mengukuti pergerakan Everton Nascimento dan Wiljan Pluim.

Memasuki menit ke-16 gantian Bali United yang mengambil penguasaan bola. Sementara PSM turun ke pertahanannya dan langsung melakukan serangan balik ketika mendapatkan bola.

Bali United mendapat peluang emas pada menit ke-20. Novry Setiawan nyaris memanfaatkan kemelut di jantung pertahanan PSM.

Gantian PSM mendapat peluang emas menit ke-22. Melalui bola set piece, Wiljan Pluim meneruskan umpan dengan tendangan yang diblok Maringa, sempat memantul dan disundul Pluim, tetapi melebar keluar gawang.

Ketegangan sempat terjadi pada menit ke-28. Brwa Nouri melanggar Yance Sayuri, hal tersebut disambut Ramdhani Lestaluhu dengan sepakan keras.

Eber Bessa diganjar kartu kuning menit ke-32. Pemain asal Brasil itu tertangkap dengan sengaja menghalangi Reza Arya yang hendak melepaskan tendangan.

Yance melepaskan sepakan keras menit ke-37 ke gawang Adilson Maringa lewat serangan balik dari sisi kiri. Sepakannya membentur keras mistar gawang.

Hingga babak pertama selesai tak ada gol yang tercipta. Skor masih bertahan 0-0.

Di babak kedua, PSM tertinggal pada menit ke-52. Erwin Gutawa mencetak gol ke gawangnya sendiri.

Erwin salah mengantisipasi bola umpan tarik yang dilepaskan oleh Ramdhani Lestaluhu. Berniat membuang bola, tetapi sepakan Erwin justru mengecoh kipernya sendiri, Reza Arya.

Unggul satu gol, Bali United mulai mengulur-ulur waktu. Seperti yang dilakukan kiper Bali United, Adilson Maringa yang memancing Everton Nascimento melakukan pelanggaran karena memegang bola terlalu lama.

Sementara PSM yang meningkatkan agresivitas serangan masih kesulitan membongkar pertahanan Bali United. Sebaliknya, Bali United melakukan beberapa pergantian pemain hingga beberapa pemain sengaja cedera untuk mengulur waktu.

Kiper Adilson Maringa sampai meringis kesakitan setelah berbenturan dengan striker PSM Adilson Silva. Perawatan untuk Maringa sampai harus dirawat selama 3 menit.

PSM mencoba menambah daya gedornya pada menit ke-75. Dzaky Asraf dan Rizky Eka dimasukkan dengan menggantikan Kike Linares dan Yance Sayuri.

Masuknya Rizky Eka berbuah hasil. Pemain asal Bone itu mencetak gol cantik pada menit ke-83 lewat sepakan kerasnya di luar kotak penalti.

Hingga laga tuntas tak ada lagi gol yang tercipta skor masih tetap bertahan 1-1 dan dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Pada babak tambahan kedudukan tetap 1-1 yang dilanjutkan adu penalti.

Dengan kekalahan di adu penalti, membuat PSM Makassar harus mengurut dada. Tidak mewakili Indonesia di Liga Champions Asis. (*/fjr)

Susunan pemain PSM Makassar Vs Bali United
PSM Makassar (3-5-2)
Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Kike Linares; Yance Sayuri, M Arfan, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Pelatih: Bernardo Tavares

Bali United (4-3-3)
Adilson Maringa; Ardi Idrus, Elias Dolah, Kadek Arel, Ricky Fajrin; Sidik Saimima, Brwa Nouri, Eber Bessa; Ramdani Lestaluhu, Privat Mbarga, Novry Setiawan.

Pelatih: Stefano Cugurra

  • Bagikan