Ini 10 Daftar Mata Uang dengan Nilai Tukar Paling Rendah di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?

  • Bagikan
Ilustrasi Rupiah. --

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Mata uang Indonesia, Rupiah, tercatat sebagai salah satu mata uang dengan nilai tukar terendah terhadap dolar AS. Hal ini menunjukkan rendahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang internasional.

Faktor-faktor seperti stabilitas ekonomi, risiko politik, dan inflasi mempengaruhi nilai mata uang.

Perubahan dalam faktor-faktor tersebut dapat membuat nilai tukar mata uang naik atau turun terhadap mata uang lainnya.

Selain rupiah, mata uang negara lain seperti Vietnam, Laos, Lebanon, dan Paraguay juga mengalami hal serupa.

Hal ini menunjukkan kerentanan negara-negara tersebut terhadap fluktuasi ekonomi dan krisis finansial global.

Meskipun setiap negara memiliki nilai mata uang yang berbeda, Dolar AS tetap menjadi standar perbandingan yang umum digunakan dalam perdagangan internasional karena popularitas dan stabilitasnya.

Lantas, apa saja mata uang terendah di dunia?

Berikut ini adalah daftar mata uang dengan nilai terendah di dunia. Mari simak daftarnya di bawah ini!

  1. Rial Iran (IRR)

Nilai tukar mata uang terendah di dunia dipegang oleh Iran, dengan 1 Rial Iran setara dengan 0,000024 Dolar AS atau 1 Dolar AS setara dengan 42.250 Rial Iran.

  1. Dong Vietnam (VND)

Urutan kedua dalam daftar mata uang terendah di dunia ditempati oleh Vietnam, dengan mata uang Dong yang memiliki nilai rendah. Jika dikonversi, 1 Dong setara dengan 0,000042 dolar AS atau 1 Dolar AS setara dengan 23.710 Dong Vietnam.

  1. Leone Sierra Leone (SLL)

Mata uang Leone berasal dari Republik Sierra Leone di Afrika dan merupakan salah satu mata uang dengan nilai rendah. Nilai 1 Leone setara dengan 0,000051 Dolar AS atau 1 Dolar AS setara dengan 19.750 Leone.

  1. Kip Laos (LAK)

Laos, negara yang juga terletak di Asia Tenggara, masuk dalam daftar negara dengan mata uang terendah di dunia. Nilai 1 Kip setara dengan 0,000052 Dolar AS, menjadikannya mata uang yang rendah nilainya.

  1. Pound Lebanon (LBP)

Mata uang terendah di dunia berikutnya berasal dari Lebanon. Mata uang Lebanon, yaitu Pound Lebanon, memiliki nilai setara dengan 0,000067 Dolar AS, atau 1 Dolar AS setara dengan 14.994 Pound Lebanon.

  1. Rupiah Indonesia (IDR)

Indonesia negara tercinta, tergolong dalam daftar negara dengan mata uang terendah. Rupiah Indonesia menempati posisi ke-6 dalam daftar tersebut, dengan nilai 1 Rupiah setara dengan 0,000067 Dolar AS, atau 1 Dolar AS setara dengan Rp 15.037.

  1. Som Uzbekistan (UZS)

Negara pecahan dari Uni Soviet ini memiliki mata uang bernama Som. Mata uang Som memiliki nilai yang setara dengan 0,000087 Dolar AS, menjadikannya salah satu mata uang terendah di dunia.

  1. Franc Guinea (GNF)

Republik Guinea, negara yang terletak di Afrika Barat, menempati peringkat ke-8 sebagai negara dengan mata uang terendah di dunia. Mata uang mereka, Franc Guinea, memiliki nilai yang setara dengan 0,000120 Dolar AS, menunjukkan kelemahan nilai tukar yang signifikan.

  1. Guarani Paraguay (PYG)

Mata uang terendah di dunia ditempati oleh negara Paraguay, yang menggunakan mata uang Guarani. Saat dikonversi, 1 Guarani memiliki nilai sebesar 0,000140 Dolar AS, sehingga 1 Dolar AS setara dengan 7.252 PYG.

  1. Shilling Uganda (UGX)

Mata uang terendah di dunia adalah Shilling yang digunakan di negara Uganda. Ketika dikonversikan ke Dolar AS, 1 Shilling Uganda memiliki nilai sebesar 0,000270 Dolar AS.

Perlu diingat bahwa nilai tukar mata uang selalu berubah. Artikel ini ditulis dan diperbarui pada tanggal 03-07-2023 pukul 22:16 WIB. (jp/pp)

  • Bagikan