BPJS Kesehatan Palopo Launching Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response di RS Bintang Laut Palopo

  • Bagikan
Launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) dilakukan di RS Bintang Laut Palopo yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah SKM M.M dihadiri Direktur Utama RS Bintang Laut drg Yulianti Wirawan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Alamsyah, S.Kom, MM, Kepala Bagian Umum BPJS Kesehatan Palopo, Wawan, dan segenap pegawai RS Bintang Laut, Jumat 29 September 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).

Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Launching dilakukan serentak se-Indonesia, Jumat 29 September 2023 oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti yang dipusatkan di RSUP Dr. Sardjito, Sleman, Yogyakarta.

Dalam arahannya, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.

Launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) dilakukan di RS Bintang Laut Palopo yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah SKM M.M dihadiri Direktur Utama RS Bintang Laut drg Yulianti Wirawan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Alamsyah, S.Kom, MM, Kepala Bagian Umum BPJS Kesehatan Palopo, Wawan, dan segenap pegawai RS Bintang Laut, Jumat 29 September 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

"Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP)," jelas Ghufron saat peluncuran yang terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat (29/09).

Ghufron menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

"Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN," kata Ghufron.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

"POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan," tambah Ghufron.

Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini, Ghufron berharap bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Khusus di Kota Palopo, Launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) dilakukan di RS Bintang Laut Palopo yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah SKM M.M dihadiri Direktur Utama RS Bintang Laut drg Yulianti Wirawan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Alamsyah, S.Kom, MM, Kepala Bagian Umum BPJS Kesehatan Palopo, Wawan, dan segenap pegawai RS Bintang Laut.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah SKM M.M mengungkapkan, dengan adanya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response akan membantu pasien dan keluarga pasien ketika akan melakukan pengaduan.

Sebagaimana diketahui, ketika pengaduan tersebut tidak dikelola dengan baik, akan menjadi bola liar yang larinya ke media sosial. Sehingga berdampak negatif kepada suatu fasilitas kesehatan.

Dengan adanya loket informasi ini, pengaduan tersebut kini dikelola dengan baik serta cepat dan tepat direspon.

"Selamat kepada RS Bintang Laut yang dipilih sebagai launching loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response BPJS Kesehatan Palopo," kata Irsan yang sebelumnya menjabat Plt Dirut RSUD Sawerigading Palopo.

Sementara itu, mewakili Kepala BPJS Kesehatan Palopo Harbu Hakim, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Alamsyah, S.Kom, MM membacakan sambutan serentak Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti.
Alamsyah juga memuji prestasi yang ditorehkan pihak manajemen RS Bintang Laut lantaran dinobatkan sebagai RS dengan Transformasi Pelayanan Mutu Kesehatan terbaik di Wilayah Regional Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Maluku. Kini RS Bintang Laut sedang bersiap menuju tingkat nasional.

Terakhir, Direktur Utama RS Bintang Laut Palopo, drg Yulianti Wirawan mengaku sangat senang dengan dipilihnya RS Bintang Laut sebagai tempat launching loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response khusus wilayah BPJS Kesehatan Palopo.

Sudah menjadi komitmen RS Bintang Laut untuk terus menghadirkan pelayanan kesehatan yang prima kepada pasien. Dimana 90 persen pasien yang dilayani adalah peserta JKN. "Dengan hadirnya kepuasan pelayanan terhadap pasien, juga berdampak pada kepuasan pelayanan dari BPJS Kesehatan," kata drg Yulianti.

Di akhir acara dilakukan pemutaran video seputar loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response. (idris)

  • Bagikan

Exit mobile version