Cetak Gol Perdana Bersama PSM di Liga 1, Ricky Pratama Meluapkan Kegembiraannya, Ini Sosoknya…

  • Bagikan
Pemain PSM Makassar Ricky Pratama. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pemain muda PSM Makassar, Ricky Pratama patut diacungi jempol. Melewati empat pemain Arema FC, ia pun menjebloskan bola ke gawang. Gol!

Gol itu, merupakan gol perdana Ricky Pratama sejak debutnya atau bergabung di Tim Juku Eja dari musim lalu.

Pada laga tersebut, PSM Makassar berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Arema FC di Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Jumat (20/10/2023).

Adapun tiga gol yang tercipta di pertandingan ini berhasil dicetak oleh penyerang PSM Makassar Adilson Silva di menit ke-43 dan menit ke-84 serta gol perdana Ricky Pratama di menit ke-90+6.

Usai laga tersebut, Ricky Pratama mengaku hasil yang ia dan timnya dapatkan di laga ini merupakan kerja keras dari para pemain.

Selain itu, dalam masa persiapan menghadapi pertandingan ini sendiri mereka menjalani latihan dan persiapan yang cukup baik.

“Kemenangan ini karena kerja keras pemain, kita sudah menjalankan persiapan yang bagus akhir-akhir ini,” kata Ricky Pratama di sesi konferensi pers usai laga, Jumat (20/10/2023).

Tak lupa, pemain muda ini pun menyampaikan ucapan terima kasih untuk para suporter yang hadir dan memberikan dukungan untuk PSM Makassar di laga kali ini.

“Terima kasih untuk suporter yang sudah datang,” ungkapnya.

Diketahui, Ricky Pratama sendiri merupakan pemain muda yang bergabung bersama PSM sejak musim lalu. Ia promosi dari tim Junior ke tim Senior.

Ia juga merupakan salah satu pemain yang sukses dan tergabung dalam skuad yang membawa PSM meraih gelar juara di Liga 1 musim 2022/2023.

Hanya saja, di musim lalu ia gagal menyumbangkan satu gol pun. Barulah di musim ini tepat di pekan ke-16 ia sukses mencetak gol perdananya untuk PSM Makassar.

Siapa Ricky Pratama? Ternyata sosoknya masih muda. Baru berusia 20 tahun. Namun, ketajaman Ricky Pratama dibuktikan pada laga PSM Makassar vs Arema FC.

Striker belia PSM Makassar itu masuk sebagai pemain pengganti di laga PSM Makassar vs Arema FC namun Ricky Pratama mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Masih berusia 19 tahun, Ricky Pratama sudah bermain di dua pertandingan bersama PSM Makassar hingga pekan ke-10 Liga 1 2022/2023.

Sedangkan di AFC Cup 2022 Ricky Pratama mendapatkan kesempatan bermain dalam satu pertandingan.

Di Liga 1 2022/2023 total Ricky Pratama bermain selama 52 menit dengan status sebagai pemain pengganti.

Meski belum mendapat begitu banyak menit bermain namun potensi Ricky Pratama sebagai seorang striker sudah terlihat.

Salah satunya kala ia bermain di laga pekan ke-10 kontra Dewa United.

Ricky Pratama yang dimainkan sebagai pemain pengganti berduet dengan Ramadhan Sananta beberapa kali memberikan ancaman untuk gawang Dewa United.

Dengan absenya striker utama PSM Makassar Everton Nascimento lantaran cedera, menurut mantan pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Umar bisa menjadi kesempatan untuk Ricky Pratama membuktikan dirinya.

"Ini kesempatan yang bagus, karena Bernardo Tavares terus mencoba pemainnya yang berposisi sebagai striker untuk pengganti Everton Nascimento," tutupnya.

Top Skor EPA U-18

Kompetisi usia muda Elite Pro Academy (EPA) U-18 ada satu sosok pemain dari PSM Makassar U-18 yang sementara ini, menjadi pencetak gol terbanyak.

Dia adalah Ricky Pratama, pemain sayap asli Sidoarjo yang bermain di PSM itu sudah mengoleksi 26 gol sejauh ini, termasuk dua golnya ke gawang Borneo FC pada menit ke-35’ dan 65’, dimana Pasukan Ramang Muda bermain imbang 2-2, Rabu (10/11).

“Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya oleh pelatih yang sudah mempercayakan saya untuk bermain di tim ini, terutama untuk PSSI karena telah menggulirkan kompetisi usia muda Elite Pro Academy. Saya asli Sidoarjo, namun bermain untuk PSM Makassar. Di PSM saya sudah empat tahun,” buka Ricky.

“Dengan pencapaian saya sejauh ini, perasaan saya sangat bahagia dan juga senang,” lanjutnya.

Sebagai pencetak gol terbanyak sementara di kompetisi tahun ini, Ricky Pratama selalu menjaga kondisi tubuhnya.

“Saya selalu menjaga kondisi tubuh untuk tetap selalu fit dan bugar, lalu pelatih juga katakan kalau sudah di depan gawang jangan egois, bermain sebagai satu kesatuan tim, dan harus sama-sama berjuang sebagai tim, terpenting adalah, bukan jumlah gol yang saya cetak, tetapi kemenangan tim,” ungkapnya.

Bicara mengenai target, dia mengatakan, “Target saya dalam mengarungi kompetisi Mola Elite Pro Academy ini adalah supaya bisa masuk tim nasional Indonesia. Saya juga akan memanfaatkan kesempatan apabila nanti juga terpilih dalam tim Garuda Select," ucap Ricky.

Tentu, apa yang Ricky lakukan sudah mendapatkan restu dari kedua orang tuanya, bahkan mereka selalu memberikan dukungan dan mendoakan pemain bernomor punggung 26 itu.

“Orang tua saya terus memberikan motivasi dan nasihat kepada saya untuk bisa memberikan yang terbaik, bermain bagus, jangan mau menyerah, dan jangan berhenti berjuang,” tuturnya.

Profil Ricky Pratama

Nama Lengkap : Ricky Pratama
Panggilan: Ricky
Tempat, tanggal lahir: Sidoarjo, 6 Mei 2003
Kewarganegaraan: Indonesia
Tinggi / Berat badan: 178 cm / 65 kg
Posisi: Winger
Kaki terkuat: Kanan
Klub saat ini: PSM Makassar U-18
Nomor punggung: 26
Gol: 26. (fjr/net/pp)

  • Bagikan