Realisasi Bapang Pusat Tahap Dua di Palopo, Wapinca Bulog Palopo, Viona: Total Realisasi 742 Ton Beras

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, LAGALIGO-- Bulog Cabang Palopo kembali distribusikan Bantuan Pangan (Bapang) beras tahap dua dari pemerintah pusat ke tiap kecamatan di Kota Palopo.

Beras ini nantinya disalurkam oleh pemerintah kecamatan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui kelurahan masing-masing.

Pendistribusian tahap dua ini, ditandai dengan penyerahan beras secara simbolis ke sejumlah masyarakat oleh Pj. Walikota Palopo, Asrul Sani di pelataran rumah jabatan walikota (Sakotae), Jumat, 3 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Andi Enceng, Kacab Bulog Palopo diwakili oleh Viona Ceria Mangangue selaku wakil kepala cabang, para Camat, Lurah dan sejumlah pejabat lainnya.

Asrul Sani, dalam sambutannya mengatakan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) berupa beras ini, merupakan salah satu bagian dari program pemerintah untuk diberikan kepada masyarakat. Dimana beras juga menjadi salah satu penyumbang inflasi.

Menurutnya, harga beras yang terus meningkat juga diakibatkan dampak dari kekeringan yang berkepanjangan sehingga produksi beras menjadi berkurang.

"Kita juga di Palopo ini kenapa harga beras menjadi naik karena produksi padi dikota Palopo ini dibawa keluar daerah, kemudian diproses, diolah kemudian kembali kesini ke Kota Palopo. Itu salah satu yang menyebabkan tingginya harga beras di Kota Palopo. Untuk itu, salah satu program kita adalah mendatangkan investor-investor untuk membangun pabrik pemrosesan dan pengolahan padi disini. Kita promosikan investasi agar bisa bangun pengolahan padi di Kota Palopo, sehingga dengan itu, salah satu persoalan bisa kita selesaikan," jelas Asrul Sani.

Terpisah, Viona sapaan akrab Wapinca Bulog Palopo ditemui usai mendampingi Pj Walikota Palopo melepas pendistribusian beras secara simbolis, mengatakan total realisasi Bulog di tahap dua Bapang beras dari pemerintah yang khususnya di Kota Palopo, saat ini sebanyak 742 Ton.

"Realisasi Bulog untuk Bapang beras di Kota Palopo sudah berlangsung dua tahap. November ini merupakan tahap kedua. Tahap pertama, Bulog merealisasikan sebanyak 348 Ton untuk tiga bulan sebelumnya. Kemudian tahap kedua kali ini sebanyak 394 Ton terhitung September, Oktober dan November. Jadi total keseluruhan realisasi Bulog untuk dua tahap di Kota Palopo sebanyak 742 Ton beras ke KPM,"ucap Viona.

"Pendistribusian Bapang tahap dua ini dilakukan secara bertahap ke masing-masing kecamatan. Distribusi pertama di Kecamatan Wara Barat, Mungkajang, Wara Utara dan Bara. Dihari berikutnya di kecamatan lainnya," tambahnya.(ria)

  • Bagikan

Exit mobile version