SMPN 2 Rantepao Mengukir Prestasi Gemilang Pada Event FTBI Tingkat Provinsi, Gala Siswa Tingkat Nasional, dan TIMO Tingkat Internasional

  • Bagikan

Efraim Tolan Allositandi,S.Pd,MM,Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- SMP Negeri 2 Rantepao dalam dua bulan terakhir ini, menorehkan berbagai prestasi yang sangat gemilang.

Hal ini tentunya sangat membanggakan dan membuat nama Pendidikan di Kabupaten Toraja Utara menjadi harum baik di tingkat provinsi, tingkat nasional, dan internasional.

Betapa tidak, selain aneka macam lomba dan event yang diikuti oleh siswa- siswinya sepanjang tahun 2023 ini, dalam dua bulan terakhir di bulan Oktober dan November, ada tiga Lomba yang bergengsi, yang diikuti dan hasilnya sangat luar biasa.

Kepala sekolah SMP Negeri 2 Rantepao, Efraim Tolan Allositandi ,S.Pd ,MM Kepada Palopo pos,Jumat ,17 November 2023 mengatakan Pada bulan Oktober yang lalu ada seorang siswa SMPN 2 Rantepao yang Lolos sampai tingkat Nasional untuk Jenis kegiatan Gala Siswa, yaitu seleksi Sepak Bola bagi pelajar SMP yang seleksinya dimulai dari Tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan ke tingkat Nasional. Walaupun proses seleksinya sangat ketat tapi seorang siswa SMPN 2 Rantepao bisa mengukir namanya sampai tingkat Nasional. Siswa tersebut bernama Airlangga.

"Pada akhir bulan Oktober 2023 ,ada tiga siswa SMPN 2 Rantepao mengukir prestasi gemilang di Tingkat Provinsi. Mereka meraih dua medali Emas sebagai Juara I ,dan 1 Medali Perunggu Juara II .Pada event Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi. Dalam hal ini SMPN 2 Rantepao sebagai Sekolah Terbanyak meraih Medali dalam FTBI Tingkat Provinsi ini. Dan, sebagai Juara Umum untuk Tingkat SMP Se Sulawesi Selatan", ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa betapa tidak membanggakan, ada sekolah yang tidak dapat piala apa-apa sama sekali. Tapi, SMPN 2 Rantepao justru tampil meraih 3 Medali sekaligus, Yaitu Juara I (Emas) sebanyak 2 Medali dan Juara II (Perak) 1 Medali.

Adapun siswa-siswi yang mendapat Juara tersebut adalah Mayelhtry Theoloan (Juara I Pidato Putra), Glorya Bitta (Juara I Pidato Putri) dan Wilson Suleleng (Juara II Mendongeng Putra).Dan dua orang yang meraih Juara I akan menjadi Utusan Provinsi Sulawesi Selatan ke event Nasional.

Dibulan November ini, Prestasi yang luar biasa juga diukir oleh siswi SMPN 2 Rantepao, dan kali ini Tingkat Internasional dalam bidang Matematika.

Pada bulan Oktober yang lalu,Thailand International Matematic Olympiade (TIMO) Mengadakan Olympiade Matematika, bagi siswa mulai dari tingkat SD sampai SMA yang diikuti oleh enam Negara, salah satunya Indonesia.

Di Indonesia diikuti oleh siswa -siswi sampai ke pelosok di seluruh Indonesia.

Begitupun sekolah yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk Kabupaten Toraja Utara begitu banyak sekolah/siswa yang ikut, tempat pelaksanaannya di SMA Kristen Barana' Toraja Utara.

"Dalam event ini dari sekian sekolah/siswa yang ikut, Siswa SMPN 2 Rantepao Sukses Meraih Juara IV (Empat Besar), atas nama Sriayu Tjahyani Putri,yang ikut lomba Olympiade matematika. Sekolah lain yang ikut baik di tingkat Kabupaten Toraja Utara maupun dalam lingkup Provinsi Sulsel, Tidak ada yang lolos selain dari Siswa SMPN 2 rantepao.Hal ini tentu sangat membahagiakan kita, karena SMPN 2 Rantepao telah mengukir prestasi Internasional dan membuktikan bahwa Mutu dan Kwalitas Pendidikan di Toraja Utara sudah bertarap Internasional", jelas Efraim yang juga mantan Penyanyi Lagi Toraja ini .

Tentu deretan Prestasi- prestasi ini boleh dicapai berkat kerja maksimal dari para Guru yang telah kerjasama dengan baik. Dan diatas dari itu tentu peran Kepala Sekolah sangat menentukan dan mempengaruhi ketercapaian Prestasi-prestasi ini.

Dan, juga Kemauan dan motivasi kesadaran belajar siswa yang tinggi, yang bisa mengikuti dan menerima bimbingan demi bimbingan yang dilakukan oleh Guru dan Kepala Sekolah.

Lanjut Kepala Sekolah SMPN 2 Rantepao Efraim Tolan Allositandi, S.Pd., MM yang ditemui Palopo Pos di ruang kerjanya menyampaikan bahwa kami pertama-tama menyampaikan rasa Syukur dan Terima kasih kepada Tuhan yang telah menyertai dan melindungi kami segenap Guru, Pegawai dan Siswa SMPN 2 Rantepao ,sehingga kami bisa mewujudkan dan mengukir prestasi ini.

Efraim yang dikenal sebagai seorang Kepala Sekolah yang bersahaja, santun, ramah, dan berpenampilan sederhana ini, dengan tenang sambil dihiasi senyum yang ramah menyampaikan rasa bahagia atas prestasi yang diukir oleh siswanya.

Saat ditanya oleh awak media Palopo Pos, apa resep yang dipakai oleh Bapak Efraim T. Allositandi sebagai Kepala Sekolah dalam memimpin Sekolah ini, dengan tenang Efraim menyampaikan beberapa Strategi kepemimpinannya antara lain, yang paling utama adalah selalu mengajak semua warga sekolah untuk mengutamakan dan mengandalkan Tuhan dalam setiap melakukan aktivitas sehari-hari baik selaku Pimpinan, Guru, Tenaga Kependidikan maupun siswa.

"Hal ini kami lakukan,karena menyadari bahwa apapun yang kita lakukan pasti akan memberi hasil yang maksimal jika diberkati oleh Tuhan. Kemudian senantiasa mengajak semua warga sekolah untuk menegakkan kedisiplinan, ketepatan waktu dalam melakukan tugas dan tanggungjawab masing masing, Kerja dengan hati, Menanamkan Rasa Memiliki bagi semua warga sekolah terhadap sarana dan prasarana sekolah, menumbuhkan diantara sesama warga sekilah akan pentingnya kerjasama yang baik, menjunjung tinggi rasa kekeluargaan",jelas Efraim.

Diketahui Sejak mulai masuk awal bulan April 2023 ,Efraim Tolan Allositandi diberi tanggungjawab oleh Bupati Toraja Utara untuk memimpin sekolah ini terhitung baru delapan bulan,namun sudah ada 48 Medali Juara yang diraih oleh siswa -siswanya. Ada yang tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional bahkan Internasional.

Efraim yang juga adalah sebagai Ketua PGRI Toraja Utara ini, menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sangat tulus kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati Toraja Utara yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin dan membina sekolah ini.

"Saya bertekad dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk tidak mengecewakan harapan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Pimpinan Daerah kita kepada saya, untuk membina dan memajukan mutu sekolah ini. Juga rasa hormat dan terima kasih disampaikan kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara yang selalu mendampingi, membimbing dan mengarahkan kami dalam hal pengembangan dan pelaksanaan pendidikan khususnya di sekolah kami SMPN 2 Rantapao ini" , ungkapnya.

"Juga kita tahu bersama bahwa bahwa SMPN 2 Rantepao adalah sekolah yang banyak diminati oleh siswa ,dan berada di pusat Ibu Kota Kabupten Toraja Utara. Dan secara otomatis Mutu Pendidikan di SMPN 2 Rantepao akan menjadi Barometer dan Gambaran Kwalitas dan Mutu Pendidikan yang ada di Kabupaten Toraja Utara. Untuk itu dengan pertolongan Tuhan, kami akan terus membenahi dan meningkatkan kwalitas karakter, akhlak dan pengetahuan siswa serta kualitas pendidikan di sekolah yang kami sangat cintai ini," tutup Efraim sambil memberi senyum yang menyejukkan.(Albert)

  • Bagikan