Guru Besar FKM Unhas Jadi Panelis Debat Kelima Pilpres 2024

  • Bagikan

August Mellaz selaku Anggota KPU RI, resmi umumkan 12 nama panelis yang terlibat dalam debat kelima pilpres 2024. (Sumber foto: twitter @KPU_ID)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Salah seorang guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menjadi panelis pada debat kelima pemilihan presiden.

Kepastian itu, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan daftar panelis debat kelima Pilpres 2024 yang akan diikuti tiga calon presiden.

Penetapan 12 panelis yang akan terlibat dalam menyusun pertanyaan pada debat capres setelah KPU RI menggelar rapat koordinasi di Kantor KPU RI, Jakarta pada Rabu (31/1).

Seperti diberitakan fajar, Rabu 31 Januari 2024, Anggota KPU RI,
August Mellaz mengatakan, para panelis telah memberikan konfirmasi terkait keterlibatannya untuk menyiapkan daftar pertanyaan kepada para capres dalam debat.

Setelah menyatakan kesiapan, para panelis akan menjalani masa karantina selama dua hari, mulai Jumat (2/2/2024).

August Mellaz mengungkapkan, para panelis dari berbagai latar belakang. Sebagian besar akademisi, serta beberapa praktisi yang aktif dalam berbagai organisasi masyarakat sipil.

Tema debat kelima Pilpres 2024 ini mengangkat isu kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Adapun guru besar Unhas Makassar yang menjadi salah satu dari 12 panelis debat Pilpres 2024 adalah Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed.

Prof Aminuddin merupakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Selain Prof Aminuddin, panelis lain yang akan membuat daftar pertanyaan kepada para capres adalah Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D. (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027).

Kemudian Bahruddin (Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah); Damar Juniarto, S.Sos (Akademisi di UPN Veteran Jakarta).

Panelis lainnya adalah Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D. (Guru Besar Antropolog, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada); Imam Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia); Onno widodo Purbo.PhD. (Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor institut Teknologi Tangerang Selatan); Dra. Reni Kusumowardhani M.PSI., (Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia).

KPU juga menetapkan panelis lainnya yakni, Timboel Siregar, S.SI, SH, MM (Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia); Tolhas Damanik, M.Ed (Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access).

Kemudian, Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta); dan Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D. (Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia).

Stasiun televisi TV One, ANTV, dan Net TV akan menjadi penyelenggara debat kelima Pilpres 2024 yang juga menjadi debat terakhir sebelum pemungutan suara.

Dua presenter stasiun televisi TV One ditunjuk sebagai moderator debat yakni, Andromeda Mercury dan Dwi Anggia.

Pelaksanaan debat kelima Pilpres 2024 akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta dan akan mempertemukan para calon presiden, yakni Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3). (*/fjr)

  • Bagikan