Ketua Komisi A DPRD Sulsel Kunker ke KPU dan Bawaslu Lutra

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA--- Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syaifuddin Patahuddin ST melakukan Kunjungan Kunjungan Kerja (Kunker) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kab Luwu Utara, Jumat, 23 Feb 2024.

Kunjungan di KPU, Legislator Partai Keadilan Sejahterah (PKS) itu diterima Komisioner KPU Mashar SE dan Ummu Kallang beserta sejumlah staf Sekertariat KPU Luwu Utara. Dikantor penyelenggara pemilu itu, Patahuddin menuturkan maksud dan tujuan kedatangannya yaitu memastikan pelaksanaan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) yang sudah berlalu 10 hari berjalan aman dan damai.

" Saya Ketua Komisi A DPRD Sulsel memang leading sektornya di Kesbang Pol, sangat terkait dengan situasi dan kondisi kebangsaan, keamanan dan sosial politik, jadi sebagai ketua komisi saya perlu mendapat informasi walaupun tidak terlalu terinci situasi kondisi pelaksanaan Pileg sudah 10 hari, pihak penyelenggara bisa memberikan gambaran situasinya, kebetulan saya juga perjuangkan diri sendiri, semoga bisa terpilih kembali" tandas Petta sapaan akrabnya.

Terkait dengan membawa sejumlah teman media, Petta mengatakan kehadiran mereka adalah bentuk transparansi bahwa dirinya melaksanakan tugas sebagai Ketua Komisi A.

"Saya tidak mau kunker ini "bias" biarlah teman-teman pers menilai sendiri kebetulan penetapan baru proses di kecamatan, saya tidak mau kedatangan saya nantinya ditanggapi negatif, padahal kunker ini semata-mata melaksanakan tugas sebagai ketua Kedewanan,'' ujarnya.

Terkait dengan kotak suara yang sebagian masih di Kecamatan, Petta memastikan tidak ada perubahan, apalagi masing-masing pihak sudah memegang rakapan bahkan bukti rekaman data perolehan suara, termasuk dirinya.

" Sebagian besar kecamatan sudah melakukan perhitungan, saya kira tidak ada konflik yang besar hingga bisa mempengaruhi pelaksanaan perhitungan, " tuturnya.

Komisoner KPU Devisi tehnis, Mashar melaporkan bahwa pelaksanaan Rekapitulasi suara akan terus berjalan tertib, lancar, aman dan terkendali. Mashar melaporkan bahwa di Luwu Utara terdapat 13 kecamatan dimana dari 13 kecamatan sebagian sudah melakukan Pleno dan Berita acara Rekapitulasi sudah sampai di Kabupaten.

" Yang sudah selesai Pleno adalah Tanalili, Malangke, Malangke barat, Rongkong, Rampi dan sukamaju selatan, Baebunta selatan. Bone-bone kemungkinan hari ini masuk," jelas Mashar.

Mashar mengatakan bahwa KPU Luwu Utara berupaya selalu transparan dalam menyampaikan informasi perolehan suara, dimana selain di tampilan di website KPU atau "si rekap, Perolehan suara juga bisa dialihat di tempat-tempat umum seperti kantor kecamatan dan desa.

" Khusus kecamatan Limbong, seko dan rampi tidak dimungkinan perolehan suaranya masuk di aplikasi sirekap, karena kendala jaringan internet," terangnya.

Sementara Komisioner Divisi Hukum dan pengawasan Ummu Kallang bersyukur sejauh ini pelaksanaan Pileg berjalan baik, tanpa ada gangguan Kamtibmas, " ini bentuk sinergitas kita dengan pihak kemanan, tentu peran serta masyarakat,"tutupnya (mahmuddin)

  • Bagikan