Angkut 109 Ribu Calon Jemaah Haji, Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat, Berikut Jadwalnya

  • Bagikan

Ilustrasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke tanah suci. (Istimewa)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan 14 pesawat wide-body untuk mengangkut 109 ribu calon jemaah haji pada musim Haji 1445 H/2024 M.

Layanan penerbangan haji akan berlangsung mulai 12 Mei hingga 21 Juli 2024, melayani calon jemaah haji asal Indonesia dari dan menuju Tanah Suci.

Garuda Indonesia, pada tahun ini, mendapatkan kepercayaan untuk melayani 109.072 calon jemaah haji.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyatakan bahwa fokus utama perusahaan adalah memberikan layanan penerbangan haji yang aman dan nyaman, khususnya untuk jemaah lansia dan mereka yang jarang atau belum pernah melakukan penerbangan jarak jauh.

Kesiapan operasional penerbangan haji telah ditandai dengan perjanjian Kerja Sama Pengangkutan Udara Jemaah Haji Regular dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Kelompok Terbang 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief di Jakarta pada 22 Februari.

Pada tahun ini, Garuda Indonesia akan melayani calon jemaah haji yang terbagi dalam 294 kelompok terbang (kloter) dari sembilan embarkasi di berbagai kota Indonesia.

Proses keberangkatan akan dilakukan secara bertahap mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024, dengan rute penerbangan menuju Madinah pada 12–23 Mei 2024 dan menuju Jeddah pada 24 Mei–10 Juni 2024. Fase pemulangan jemaah dijadwalkan berlangsung pada 22 Juni sampai 21 Juli 2024.

Garuda Indonesia juga akan meningkatkan nilai layanan penerbangan haji tahun ini dengan menyajikan inflight entertainment bernuansa islami dan makanan yang disesuaikan dengan menu khas daerah embarkasi.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief mengapresiasi upaya Garuda Indonesia dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah haji Indonesia, sambil berharap pelaksanaan haji tahun 2024 dapat berjalan lancar. (*/fajar/pp)

  • Bagikan