10 Kandidat Cawalkot Palopo Telah Mendaftar di Parpol, 8 Mendaftar di PDIP 7 di Demokrat

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Empat partai politik telah membuka pendaftaran/penjaringan Calon Wali Kota / Wakil Wali Kota Palopo periode 2024-2029.

Ketiga Parpol tersebut yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Penelusuran Palopo Pos, Kamis, 2 Mei 2024, sudah ada sepuluh kandidat yang mendaftar sebagai Calon Kepala Daerah (Cakada) pada Parpol yang membuka pendaftaran.

Yakni Rahmat Al Kafi, Akhmad Syarifuddin Daud (Ome), Farid Kasim Judas (FKJ), Rahmat Masri Bandaso (RMB), dr Nasaruddin Nawir, Baharman Supri, Haidir Basir (HB), Irbar Pairing, Putri Dakka (PD), dan Irwan Hamid.

Menurut Sekretaris PKS Palopo, Aswim Djidar yang dikonfirmasi Palopo Pos, Kamis kemarin, lima kandidat telah mendaftar di PKS. Yakni Rahmat Al Kafi, Ome, FKJ, RMB, dan dr Nasaruddin. ''Yang sudah kembali formulie Ome dan FKJ,'' katanya.

Tanggal 4 Mei 2024 besok, terakhir pengembalian formulir di PKS. "Setelah itu, kami rapat DPTD untuk dibuat matriks presentase ke DPW,'' jelas Aswin. Sebelumnya dilansir, PKS Palopo membuka pendaftaran Cakada pada 15-29 April 2024.

Sementara Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil yang dihubungi Palopo Pos secara terpisah menyebut, sudah delapan kandidat mendaftar di PDIP. Yakni FKJ, Baharman Supri, Ome, HB, RMB, Irbar P Senobua (Wakil Wali Kota), dan Putri Dakka. Dua pendaftar sudah kembalikan formulir yakni FKJ dan Irbar.

"Menyusul dr Nasaruddin ambil formulir,'' jelas Alfri.

Sementara di Demokrat, ada tujuh kandidat yang mendaftar. Yakni Ome, FKJ, RMB, HB, Irbar, PD, dan Irwan Hamid.

Terkini PAN Palopo mulai membuka pendaftaran pada Kamis, 2 Mei 2024 kemarin. Menurut Ketua Tim Desk Pilkada PAN Palopo, Darsuni Dwi Putra Darwis, tiga kandidat sudah mendaftar di PAN. Yakni FKJ, Putri Dakka, dan dr Nasaruddin Nawir.

MENDAFTAR HARI YANG SAMA

Sejumlah bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Palopo ramai mendaftarkan dirinya di di beberapa partai politik. Pantauan yang dilakukan, bakal calon seperti, Putri Dakka, Irbar Pairing dan Irwan Hamid kompak mendafarkan dirinya di hari yang sama di partai Demokrat, Senin lalu.

Selain, partai Demokrat, juga PKS dan PDI Perjuangan  mendapat permohonan. Putri Dakka ikut mengajukan diri di PDI Perjuangan, dan Rahmat Masri Bandaso di PKS sebagai bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota dalam perhelatan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo 2024. Para bakal calon ini diwakili masing-masing tim mereka.

Ketua Desk Pilkada Partai Demokrat Palopo, Bata Manurun mengungkapkan sejauh ini pihaknya menerima pendaftar delapan bakal calon. Dua diantaranya telah melakukan pengembalian formulir yakni, Akhmad Syarifuddin dan Farid Kasim Judas.

"Informasinya, masih ada beberapa yang akan melakukan pengambilan formulir. Kita tetap membuka ruang kepada siapa saja bakal calon," katanya.

Di Partai Demokrat ada beberapa tahapan yang diikuti bakal calon. Seperti, fit and propertes. Kemudian, para bakal calon ini masing-masing disurvey oleh lembaga survey ditunjuk Partai. "Untuk arah dukungan Demokrat tergantung nanti hasil survey. Maka kemungkinan besar bakal calon yang surveynya bagus akan mendapat mandat," katanya. (rul/idr/ikh)

Kandidat Mendaftar di Parpol

Nama Kandidat Parpol

  1. Farid Kasim Judas PKS, PDIP, Demokrat, PAN
  2. Akhmad Syarifuddin Daud PKS, PDIP, Demokrat
  3. Rahmat Masri Bandaso PKS, PDIP, Demokrat
  4. dr. Nasaruddin Nawir PKS, PDIP, PAN
  5. Putri Dakka PDIP, Demokrat, PAN
  6. Haidir Basir PDIP, Demokrat
  7. Irbar Pairing PDIP, Demokrat
  8. Rahmat Al Kafi PKS
  9. Baharman Supri PDIP
  10. Irwan Hamid Demokrat
  • Data Diolah dari Berbagai Sumber. (*)
  • Bagikan