Sah! Prof Karta Jayadi Rektor Baru UNM

  • Bagikan
Lima calon rektor UNM menunggu giliran untuk menyampaikan visi-misi sebagai rektor UNM akan datang dihadapan guru besar, senat mahasiswa dan mahasiswa di Gedung Pinisi Rabu, 3 April -- TAWAKKAL/FAJAR

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Prof Karta Jayadi berhasil menjadi Rektor baru Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2024-2028.

Wakil Rektor II UNM itu berhasil meraih 54 suara mengalahkan Prof Hasmyati dengan 44 suara dan Prof Hasnawi 0 suara.

Putaran kedua pemilihan rektor Universitas Negeri Makassar berlangsung secara tertutup di ruang senat lantai 14 Menara Pinisi UNM. Pemilihan juga dihadiri Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam.

Prof Karta Jayadi berhasil membalikkan keadaan karena sempat kalah di putaran pertama. Di putaran pertama, Hasmyati mengumpulkan 51 suara dari 64 anggota senat. Posisi kedua ditempati Prof Dr Karta Jayadi dengan lima suara dan Prof Dr Hasnawi Haris empat suara.

Prof Karta Jayadi merupakan mantan Dekan dan guru besar di Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM.

Lalu, siapa sosok Karjayadi? Prof Dr Karta Jayadi adalah merupakan guru besar bidang kesenian Universitas Negeri Makassar.

Saat ini Prof Karta menjabat sebagai Wakil Rektor bidang administrasi dan keuangan UNM.

Prof Karta memiliki pengalaman manajerial yang sangat mumpuni.

Sebelum menjadi wakil rektor bidang administrasi dan keuangan dua periode, pria kelahiran Maros, 8 Juli 1965 ini juga pernah menjabat Dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD).

Latar Belakang Pendidikan dan Karya

Karta Jayadi meraih gelar sarjana pendidikan Seni Rupa di IKIP Ujungpandang. Ia lalu melanjutkan studinya ke program magister dan meraih gelar Magister Seni (M.Sn) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Selanjutnya gelar doktor bidang antropologi diraih di Universitas Indonesia.

Prof Karta juga memiliki ratusan karya yang sudah dipublikasi baik dalam bentuk prosiding maupun jurnal. Bahkan 34 karyanya sudah dipatenkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI)-nya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Karya Karta yang sudah dipatenkan itu antara lain desain karya seni arsitektur maket miniatur gedung kampus V UNM Parepare dari limbah kertas koran Tribun Timur, Goa Mampu (seni ilustrasi), Gunung Nona (seni ilustrasi), I Lamellong (seni ilustrasi), Kisah Putri Taddampalik (seni ilustrasi), dan lainnya.

Prof Karta juga sudah menerbitkan banyak buku. Di antaranya biografi Prof Husain Syam: Prestasimu, Baktimu, Tak Bertepi, Buku Referensi “Antropologi Seni”, Buku Ajar “Apresiasi Seni”, Book Chapter “Antropologi Seni dan Tantangannya di Era Digital, dan lainnya.

Biodata:

– Nama Lengkap: Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn.
– Tempat/Tanggal Lahir: Camba-Maros, 08 Juli 1965
– Riwayat Pendidikan:
S1 (IKIP Ujungpandang)
Magister Seni (ITB Bandung)
Doktor Antropologi (Universitas Indonesia)
– Organisasi:

Forum Wakil Rektor 2 Se Indonesia Ketua 2022 – Sekarang
Federasi Olahraga Petanque Provinsi Sulsel
Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia UNM (2018-2023)
Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA ) Seni (2018-2023).
Ketua IKA SMA Muhammadiyah 1 Makassar. (*/fjr/uj/pp)

  • Bagikan