Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar Kerjasama MA Aisyiah Sungguminasa Gelar PKM Pelatihan Publik Speaking

  • Bagikan

GOWA. Dosen dan mahasiswa Fisip Unismuh Makassar kerjasama dengan Madrasah Aliyah (MA) Aisyiah Sungguminasa Gowa, Senin 13 Mei 2024 menggelar pelatihan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) publik speaking di Pusat Dakwah Muhammadiyah Gowa Sungguminasa.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr. Syukri, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini semoga dapat memberi pengetahuan dan keterampilan publik speaking kepada peserta yang kelak dapat jadi modal digunakan di tengah masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu kewajiban bagi para dosen sebagai bagian dari pelaksanaan. Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PKM lainnya telah dilaksanakan kerjasama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Makassar menggelar Pelatihan Jurnalisme Warga Bagi Pemimpin Cabang Aisyiyah Kota Makassar dan Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Aisyiyah Kota Makassar.

Kepala MA Aisyiah Sungguminasa, Muh Ali, S.Ag, M.Pd.I pada sambutan pembukaan acara mengatakan, rasa terima kasih atas pelaksanaan pelatihan karena itu bukti kalau penandatanganan MoU yang telah dilakukan sebelumnya telah terealisasi hari ini.

Terima kasih kepada tim dosen Muhammadiyah yang telah hadir memberi transper ilmu dan pengalaman publik relation yang hari ini dan kedepan akan jadi peluang besar profesi MC yang bagus di masa depan.

Perkembangan masyarakat ke depan sosok MC sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan dan agenda resmi pada instansi negeri dan swasta.

Kedepan realisasi kerjasama ini jangan hanya sampai disini tetapi terus dilakukan kegiatan lainnya waktu yang akan datang apalagi MA Aisyiyah Sungguminasa sangat butuh publikasi dan promosi agar dikenal dan jadi rujukan siswa SMP dan sederajat lanjut studi di MA Aisyiah Sungguminasa.

Peserta pelatihan publik speaking ini sebanyak 45 siswa dan siswi. Peserta sangat serius dan antusias mengikuti rangkaian acara yang dibawakan langsung oleh pemateri dosen ilmu komunikasi, Wardah, S.Sos, MA.

Selain mendengarkan materi peserta diberi kesempatan praktek tampil di depan menjadi MC pada acara resmi peresmian, pengantin, syukuran dan dan sejenisnya. Saat acara penutupan acara pelatihan yang jadi MC adalah salah seorang peserta dari pelatihan itu.

Kegiatan pelatihan ini adalah Hibah Penelitian dan Pengabdian diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan LPPM di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia.

Pada pelatihan hibah ini Tim dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip yang turun di MA Aisyiyah Sungguminasa, Ketua Tim, Wardah, S.Sos, MA. Anggota, Dr. Muhammad Yahya, M.Si; Dr. Syukri, S.Sos, M.Si, Arni, S.Kom, M.I.Kom, dan mahasiswa
Fitri Natalia dan Lukman.

Turut mendampingi siswa dan siswi selama pelatihan Wakil Kepala Madrasah Aliyah Aisyiyah Sungguminasa, H Saleh Hamid S.Ag M.Pd.I dan beberapa guru lainnya. Hadir juga dosen komunikasi Unismuh Makassar, Ahmad Syarif, S.Sos, M.Ikom, Indah Pratiwi Manggaga, S.Sos, MA.

  • Bagikan