Trisal Tahir “Show of Force”

  • Bagikan
TRISAL Tahir (enam dari kanan);saat mengambil formulir di Partai Demokrat Palopo, Sabtu, lalu. Didampingi UBAS, Drs Marjono, Ketua DPC Gerindra, Hj Hasriani, SH, Ny Naily Trisal, Taming M Somba, dan Ketua Tim Pemenangan Mustahir Sidu. ARYANTO/PALOPO POS

Oke Gas Menuju Palopo Baru 2024, Daftar Bakal Calon Walikota di Demokrat, PDIP, Hanura, dan PAN

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Teka teki Trisal Tahir maju pilwalkot Palopo terjawab sudah. Itu dibuktikan dengan mendaftar di empat partai sekaligus, Sabtu 11 Mei 2024. Trisal Tahir saat daftar memperlihatkan kekuatan dengan show of force.

Bakal calon walikota Palopo dengan mengusung tagline "Palopo Baru 2024" diantar anggota DPR RI terpilih Capt. Unru Baso, M.Mar., Anggota DPRD Sulsel yang juga incumbent Drs Marjono, anggota DPRD kabupaten/kota, anggota DPRD kota terpilih. Ada Taming M Somba, Candra, dan Nurenih. Kemudian pengurus dan Ketua DPC Gerindra Hj Hasriani. Kemudian Ketua Tim Pemenangan Mustahir Sidu alias Tato dan ratusan relawan Trisal Tahir dari 48 kelurahan.

Tampak show of force 30-an mobil dan puluhan roda dua mengiringi Trisal Tahir mendaftar di tiga partai. Diawali di Partai Demokrat Kota Palopo, PDIP, Hanura, dan terakhir di Partai PAN.

Trisal Tahir yang didampingi istri Ny Naily Trisal dan rombongan diterima oleh tim desk Pilkada masing-masing partai. Teriakan Trisal Tahir walikota menggema di kantor Partai Demokrat Palopo. Begitu juga di PDIP, Hanura, dan PAN. "Hidup walikota, bapak Trisal".

Tim Desk Pilkada Demokrat yang terdiri dari Bata Manurun, Islamuddin, dan Idam, berharap Partai Demokrat Palopo bisa bersama dengan Trisal Tahir. "Pada intinya. Demokrat terbuka pintunya," ujar Bata Manurun. "Tahapan berikutnya setelah pengembalian formulir, ada fit and proper test di DPD," tambah caleg terpilih ini.

Partai Demokrat Kota Palopo berharap bisa bersama dengan Trisal Tahir di pilwalkot Palopo. "Lembaga survei juga nanti akan diturunkan untuk melakukan survei kepada bakal calon walikota yang sudah daftar," sebutnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Gerindra Kota Palopo, Hj Hasriani, SH. Ia berharap Gerindra yang sudah full mendukung Trisal Tahir bisa bersama Partai Demokrat di pilwalkot Palopo 2024. "Ini akan menjadi kekuatan besar," ucapnya.

Hal yang sama disampaikan di PDIP, Hanura, dan PAN. Harapannya bisa bersama dengan semua partai peraih kursi pada pileg tanggal 14 Februari 2024. Demokrat (3 kursi), PDIP (3 kursi), PAN (dua kursi), dan Hanura (1 kursi). Tambah Gerindra (3 kursi). Hal ini bisa menjadi koalisi gemoy karena didukung 12 kursi di parlemen.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Mustahir Sidu, menyatakan pihaknya siap mengawal sampai Trisal Tahir terpilih jadi walikota Palopo 2024. "Kita kawal tak hanya daftar, tapi juga sampai menjadi calon walikota dan harapan kita semua bisa terpilih," tegas Tato yang sudah teruji jadi ketua tim dan calonnya terpilih.
Saat pilwalkot Palopo, Tato ketua tim Judas Amir-Akhmad Syarifuddin. Kemudian Judas-Rahmat Masri Bandaso. Di pileg tanggal 14 Februari 2024, Tato kembali dipercaya sebagai ketua tim Unru Baso. Alhamdulillah. Ubas terpilih dan lolos ke DPR RI Pusat untuk periode 2024-2029.

"Sekarang kita manfaatkan ruang yang ada untuk lebih meningkatkan popularitas dan elektabilitas Pak Trisal Tahir," terang Tato.
Tidak susah untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas Trisal Tahir. Apalagi, Trisal selama ini sudah melakukan kerja-kerja elektoral. Trisal adalah putra kelahiran asli Palopo. Lahir dan Besar di Kota Palopo. Rumahnya di Jalan Batara. Bapak dari Trisal pernah jadi lurah di Kota Palopo. Istrinya orang asli Latuppa.

Drs Marjono, anggota DPRD Sulsel asal Partai Gerindra optimis Trisal akan mendapat tempat di hati masyarakat. "Insya Allah. Sekarang kita tinggal membentuk tim dan relawan untuk Pak Trisal," tambahnya.

Marjono melihat kecenderungan pemilih di Palopo dari tiga sudut. Ada pemilih rasional, pemilih emosional, dan pemilih pragmatis. "Ini harus masuk dalam bacaan dan kalkulasi strategis politik Trisal ke depan," terang Marjono.
Kemunculan Trisal Tahir sebagai balon walikota Palopo bakal menambah ketatnya persaingan perebutan 01 Palopo.

Trisal Tahir bersama pendukungnya mempertegas dirinya sudah siap maju. "Kenapa saya datang dan berniat maju di Palopo?" ujarnya. "Karena saya ingin memberikan kontribusi dan dedikasi saya sebagai putra daerah," tegas Trisal Tahir.

Komunikasi politik untuk membangun koalisi dengan Partai Gerindra sudah dilakukan di DPP, tingkat DPD sampai DPC. "Persiapan koalisi tentu ya komunikasi politik sudah kita bangun," paparnya. Intinya saya pribadi dan kawan-kawan mengedepankan politik santun. Siapapun kita welcome siapapun itu kita anggap kawan," lanjutnya dengan penuh santun dan ceria.

Satu hal yang dia hindari dalam percaturan politik adalah tersandera politik oligarki. "Saya tidak ingin terjebak oligarki," tegasnya mantap.
Menurut Trisal, pembangunan Kota Palopo tinggal mau dilanjutkan. Pondasi sudah ada. Pembangunan sudah berbasis blue print itu sudah tepat berdasarkan arah pembangunan.

Salah satu sektor yang sangat penting dan strategis untuk dikembangkan adalah sektor maritim. "Jadi kalau ingin meningkatkan industri atau meningkatkan pembangunan di Palopo sektor maritim sangat penting" ucapnya.

Trisal sendiri sudah berbuat untuk petani tambak di Bua dan Palopo. Dia
ternyata pelaku usaha industri. Ada perusahaannya di Bua. Mindset petani tambak berhasil dirubah dengan pola pendekatannya.

Trisal merantau tahun 2004, Trisal digembleng selama beberapa waktu di Ibu Kota sebelum bertolak ke Jerman untuk menekuni bisnis travel dan pelayaran.
Ia kini memimpin 4 perusahaan perkapalan yang menjangkau jaringan internasional. Dunia itu sudah digeluti selama 20 tahun.

Trisal juga dipercaya sebagai petinggi industri pelayaran yang berbasis di Namibia, Afrika Selatan. Jabatan itu diemban hingga kini menjelang Pilkada Palopo. (ary)

  • Bagikan