Ini 10 Kepribadian yang Mampu Membantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Apapun, Nomor 5 Kayak ‘Superman’

  • Bagikan
Kepribadian yang bisa memudahkan mendapatkan pekerjaan./ Pexels/fauxels

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Di dunia kerja yang semakin kompetitif, kepribadian menjadi faktor penting dalam memperoleh pekerjaan.

Setiap individu memiliki kepribadian yang unik, yang memengaruhi bagaimana rintangan mereka mendapatkan pekerjaan.

Namun, sebagaimana yang dilansir dari The Expert Editor pada Rabu (15/5), terdapat beberapa kepribadian yang dapat memudahkanmu mendapatkan pekerjaan.

  1. Rasa ingin tahu

Sangatlah menarik ketika seorang kandidat menunjukkan keinginan yang kuat untuk belajar, sebuah aset yang sering diabaikan dalam lingkungan kerja.

Pemilik perusahaan cenderung lebih memilih individu yang penuh antusiasme dalam mengembangkan dirinya daripada yang terlihat arogan atau malas.

  1. Adaptif

Kemampuan beradaptasi menjadi kunci dalam dunia kerja yang dinamis. Dalam menghadapi perubahan, kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan cepat dan mengambil inisiatif baru menjadi nilai tambah yang sangat dihargai oleh perusahaan.

  1. Empati

Walaupun sering diabaikan, kemampuan empati pada seseorang sangatlah berharga dalam dunia kerja.

Karyawan yang mampu berempati dapat menjadi anggota tim dan pemimpin yang efektif, membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mendukung.

  1. Kerendahan hati

Kerendahan hati juga sebenarnya dapat meningkatkan prospek kamu dalam mendapatkan pekerjaan.

Sambil menunjukkan keahlian dan kepemimpinan, mengakui kekurangan juga penting, karena karyawan yang rendah hati cenderung lebih mudah diajar, tidak keras kepala, membangun lingkungan kerja yang kolaboratif, dan dihargai oleh pemberi kerja.

  1. Tahan banting

Selain itu, kepribadian tahan banting alias ketahanan dalam berbagai kondisi juga dapat menjadi nilai lebih pada seseorang.

Ketahanan bukan hanya tentang jatuh kemudian bangkit kembali, tetapi juga tentang pertumbuhan pribadi dan profesional menghadapi pengalaman sulit, yang justru dihargai oleh perusahaan.

  1. Optimisme

Optimisme adalah kunci untuk menjadi tangguh dan produktif di tempat kerja, bahkan menjadi nilai lebih.

Sikap positif kamu tidak hanya memengaruhi kesehatan mental atau fisik dan produktivitas, tetapi juga dapat membedakan kamu dari yang lain dalam proses perekrutan, karena manajer cenderung mencari karyawan yang fokus pada solusi dan semangat tim.

  1. Teliti dan penuh kehati-hatian

Orang yang teliti dan penuh kehati-hatian dapat diandalkan dan konsisten dalam menghasilkan kualitas kerja.

Mereka menunjukkan tanggung jawab, memperhatikan detail, dan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Tak heran hal tersebut menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

  1. Proaktif

Tidak ada yang sebesar sikap proaktif dalam dunia kerja. Kemampuan untuk mengambil inisiatif, memprediksi masalah, dan menemukan solusi sebelumnya sangat dihargai oleh pengusaha karena menunjukkan kemampuan kamu untuk berpikir ke depan dan menghasilkan hasil yang konkret.

  1. Keaslian

Apakah kamu berpikir bahwa memperindah CV atau membesar-besarkan pengalaman kerja masa lalu menjadi sesuatu yang bagus?

Pertimbangkan kembali! HRD memiliki kepekaan yang kuat terhadap ketidakaslian, sehingga kejujuran dan keaslian kamu menjadi kunci kesuksesan dalam proses wawancara.

  1. Bersyukur

Sikap bersyukur adalah hal lain yang bisa membuat kamu menonjol di mata pemberi kerja, menciptakan kesan positif yang langgeng.

Ungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan wawancara, akui kontribusi orang lain, dan tunjukkan antusiasme kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. (jawapos/pp)

  • Bagikan