Sudah 1.349 Jemaah Calon Haji Diberangkatkan di Embarkasi Makassar

  • Bagikan
ILUSTRASI

Luwu 17 Mei, Palopo 6 Juni

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 1.349 jemaah calon haji (JCH) telah diberangkatkan melalui embarkasi Makassar. Dari jumlah itu, satu jemaah dipastikan batal berangkat karena hamil dan 1 jemaah calon haji lainnya tertunda karena alasan usia vaksin yang belum cukup 14 hari.
Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Ikbal Ismail mengatakan 1.349 JCH yang telah diberangkatkan tersebut, terbagi dalam 4 kelompok terbang atau kloter.

"Jemaah yang sudah kami berangkatkan sebanyak 1.349. Ada satu jemaah batal di kloter 1 karena hamil dengan usia kandungan empat bulan dan penggantinya sudah ada. Satunya lagi batal karena umur vaksin belum cukup dan ditunda untuk diberangkatkan di kloter selanjutnya," ujar Ikbal saat melepas pemberangkatan 450 JCH kloter empat asal Kabupaten Sinjai dan Kota Makassar di Asrama Haji Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Selasa (14/5/2024.

Jemaah tersebut baru akan diberangkatkan pada pemberangkatan dengan JCH lainnya di kloter berikutnya saat usia vaksinnya telah cukup. "Akan kami berangkatkan di kloter selanjutnya bila ada seat yang kosong," sambungnya.

Faisal mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa evaluasi untuk efisiensi waktu pemberangkatan dengan cara memangkas prosesi waktu pemberangkatan selama 1 hingga 2 jam. Ini agar JCH yang didominasi usia lanjut atau lansia tidak terlalu lama menunggu di ruang aula.

"Secara umum sudah berjalan sesuai yang kita harapkan, memang tadi seperti waktu yang menunggu agak lama. Sudah coba pangkas waktunya supaya juga jemaah tidak terlalu lama menunggu," tutur Faisal.

Efisiensi pemangkasan waktu pemberangkatan, yakni dengan membagikan dokumen lebih awal, seperti paspor dan uang saku serta boarding pas agar take off pesawat juga tepat waktu dan tidak mengganggu prosesi layanan haji lainnya saat mereka tiba di hotel di Madinah, Arab Saudi.

"Kalau pesawatnya terlambat dampaknya di Madinah. Dengan one stop service itu juga memangkas waktu menunggu tidak terlalu lama," ungkapnya.
Di Luwu Raya, jemaah calon haji yang pertama akan diberangkatkan yakni dari Kabupaten Luwu. Dimana akan diterbangkan ke Madinah 17 Mei mendatang. Lalu untuk Kota Palopo pada 6 Juni mendatang.(idr)

  • Bagikan