Pemkot dan BNN Palopo Dorong Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba, Sekda Firmanza: Keluarga Benteng Utama

  • Bagikan
Suasana saat Sekda Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si membuka Rakor pelaksanaan advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa/kelurahan di Cafe D'Twins, Rabu, 15 Mei 2024. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sekda Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si membuka Rakor pelaksanaan advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa/kelurahan di Cafe D'Twins, Rabu, 15 Mei 2024.

Sekda Palopo, Firmanza DP, mengatakan, permasalahan narkoba merupakan salah satu tantangan besar yang dihadapi belakangan ini.

"Penyalahgunaan narkoba tidak hanya merusak kesehatan fisik dan mental, tetapi juga berdampak buruk bagi stabilitas sosial dan ekonomi masyarakat," kata Firmanza DP.

Oleh karena itu, kata Firmanza, upaya penanggulangan narkoba harus melibatkan berbagai pihak dan dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari tingkat pusat sampai tingkat Kelurahan.

"Program ketahanan keluarga anti narkoba yang berbasis sumber daya pembangunan kelurahan ini, adalah langkah strategis yang sangat penting dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat," katanya.

Ada beberapa poin penting yang harus ditekankan, lanjut Firmanza, yang pertama adalah pemberdayaan keluarga.

"Keluarga adalah benteng utama dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. Ini yang harus kita sama-sama perkuat," ujarnya.

Yang kedua, tambah Firmanza, adalah peningkatan kesadaran masyarakat. Sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya narkoba terus dilakukan secara intensif.

"Masyarakat harus diberikan pemahaman yang jelas, tentang resiko dan dampak negatif penyalahgunaan narkoba serta cara-cara untuk mencegahnya," tambahnya.

Selanjutnya, adalah pemanfaatan sumber daya lokal. Setiap Kelurahan memiliki potensi yang dapat digunakan untuk mendukung program ini.

"Terakhir mari kita bekerja secara sungguh-sungguh dan penuh komitmen dalam melaksanakan program ini. Agar kita dapat menciptakan Kota Palopo yang bebas dari penyalahgunaan narkoba dan lebih sejahtera," tutupnya.

Pada kesempatan ini, Firmanza DP membawakan materi "Peran Pemerintah dan Unsur Kelurahan Mewujudkan Palopo Bersinar (Bersih Narkoba)".

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala BNN Kota Palopo, Kepala Badan Kesbangpol Kota Palopo, Kepala OPD yang sempat hadir.

Selain itu, hadir pula Ketua Tim BNN Kota Palopo, Lurah Amasangan, Lurah Luminda, TP-PKK Kelurahan, Babinsa, bhabinkamtibmas, ketua RW, tokoh pemuda serta tamu undangan. (rls/pp)

  • Bagikan