PLN ULP Makale UP3 Palopo “Gercep” Evakuasi Bambu Melintang di Atas kabel SUTM 20 KV

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKALE -- PLN ULP Makale UP3 Palopo bergerak cepat mengamankan pohon bambu yang jatuh menimpa kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV di Sangalla Kabupaten Tana Toraja.

Pohon Bambu jatuh menimpa kabel PLN sekitar jam 20.30 WITA membuat kabel PLN terputus yang mengakibatkan terjadi padam listrik di daerah Sangalla. Tim gangguan PLN Makale berhasil memperbaiki jaringan listrik dengan cepat. Listrik berhasil menyala kembali pada jam 24.00 waktu setempat.

Manajer UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami menyampaikan bahwa gangguan kelistrikan akibat pohon yang bersentuhan dengan jaringan dapat memicu sistem proteksi kelistrikan sehingga otomatis menghentikan sementara aliran listrik. Hal ini diakibatkan pohon yang tumbang dan merusak konstruksi jaringan listrik sehingga menyebabkan pasokan listrik juga terhenti. Tidak hanya
 menghentikan pasokan listrik, gangguan disebabkan pohon ini dapat turut berdampak negatif yang berakibat rusaknya aset kelistrikan PLN yang tentunya akan membutuhkan waktu dan sumber daya untuk dapat diperbaiki atau diganti serta juga dapat membahayakan masyarakat jika tertimpa pohon. 

Rathy, dalam keterangannya juga menyampaikan bahwa jarak aman Right of Way (ROW) antara pohon dengan jaringan listrik adalah minimal 3 meter.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat turut bekerja sama dengan PLN untuk merapikan pohon sudah mendekati jarak aman jaringan listrik. Jika masyarakat melihat ada benda - benda mendekati jaringan listrik PLN segera laporkan melalui aplikasi PLN Mobile pada fitur Pengaduan. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya Stakeholder PLN untuk bekerja sama menjaga keamanan dan keselamatan ketenagalistrikan di lingkungan masyarakat" Terang Rathy.

PLN selalu berkomitmen memberikan pelayanan 24 Jam untuk memastikan pelayanan kelistrikan bagi masyarakat.(rls/idr)

  • Bagikan