TPI Palopo Menjadi Pasar Ikan Modern Berbasis Tradisional

  • Bagikan
Ir Irbar Pairing Senobua', MT Bacalon Wali Kota Palopo

Pengamat Sebut Palopo Butuh Sosok Irbar Kerja Jelas Cepat dan Tepat

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Kota Palopo membutuhkan sosok Ir Irbar Pairing Senobua', MT. Balon walikota Palopo dengan tagline "Toleransi Holistik Palopo Kota Metro" dinilai pengamat politik dan kebijakan publik membawa ide-ide dan gagasan baru untuk menuju Palopo sebagai kota metro ke depan.

"Baru beliau yang punya ide dan gagasan baru," ujar Dr Syahruddin Syah, M.Si, pengamat kebijakan publik asal Unanda Palopo.

Ia melihat Irbar Pairing punya talenta yang lebih pada kerja jelas، cepat tepat. Apalagi sosok Irbar yang yang berlatarbelakang sebagai alumni pejabat kementerian PUPR yang ditugaskan di Kalimatan Tengah, sebagai kepala satker pelaksana balai.

"Langkah-langkah jelas sudah banyak dikabarkan oleh orang yang tahu dan kenal beliau dari kecil, sekolah, kinerja kerja selama ini disertai gagasannya," tandasnya mengomentari.

Syahruddin memberi apresiasi dirinya sebagai bakal calon walikota Palopo yang turun langsung ke lapangan melihat masalah masyarakat. Dari masalah itu, Irbar menarik program sebagai solusi untuk kegiatan dalam bekerja yang jelas dan terarah dengan cepat serta tepat sasaran.

Baru-baru ini, Irbar Pairing meninjau pusat niaga Palopo, pelabuhan tanjung Ringgit, tempat pelelangan ikan (TPI), kawasan industri Palopo (KIPA), dan kawasan Kambo.

Irbar sendiri sudah tahu apa yang menjadi permasalahan-permasalahannya. Kemudian solusi apa yang diberikan, semuanya sudah ada di benak Irbar Pairing Senobua', MT.

Di pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo misalnya. Irbar punya konsep ke depan membuat TPI Palopo menjadi pasar ikan modern berbasis tradisional. "Nah, sehingga kalau kita diberi amanah kita siap untuk membangun TPI yang modern tapi berbasis tradisional, berbasis tradisi masyarakat di situ," ucap Irbar dalam diskusi dengan timnya, Sabtu, lalu.

TPI Palopo ke depan akan menjadi pusat sentra pelelangan ikan lebih bersih dan lebih representatif. Kemudian orang yang berkunjung ke sana merasa nyaman. Karena pertemuan para pembeli dan penjual. "Yang tidak kalah pentingnya adalah sarana air bersih dan kelengkapan sanitasinya. Kalau ini terwujud, maka endingnya akan mensejahterakan nelayan dan otomatis meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," tuturnya.

"Intinya  pembenahan Tempat Pelelangan Ikan Palopo memberikan rasa nyaman dan meningkatkan  Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Palopo," tambah Irbar. " Tujuannya itu. Pedagang dan pengunjung nyaman membeli dan PAD bisa bertambah," tandasnya.

Beberapa nelayan saat Irbar berkunjung ke sana, juga menitipkan hal tersebut kepada Irbar Pairing. Mereka berharap pembenahan ini bisa memberi rasa nyaman untuk semua. Baik jalanan masuk, maupun area tempat pelelangan ikan.

Kalau ini jalan, maka otomatis emberio dampak ekonomi bagi yang lainnya. Multifflier effectnya akan dirasakan masyarakat sekitar. "Untuk itu, kami menunggu, dan berdoa semoga pak Irbar dapat diberikan kesempatan oleh masyarakat palopo untuk merelisasikannya," kata nelayan yang ada di TPI.(ary)

  • Bagikan