Mohamed Salah Bertahan di Liverpool, Arne Slot Gantikan Klopp

  • Bagikan
Mohamed Salah- MoSalah/Instagram-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Arne Slot resmi diumumkan sebagai pengganti Jurgen Klopp di Liverpool. Pelatih asal Belanda ini sebelumnya akan mengambil alih Anfield pada 1 Juni mendatang, meninggalkan Feyenoord setelah sukses bersama raksasa Eredivisie.

Dengan kepergian Klopp, Liverpool akan memulai era baru dan mempertahankan bintang-bintang mereka, yang ada akan menjadi hal yang sangat penting di musim panas ini.

Seperti Trent Alexander-Arnold , Virgil van Dijk, dan Mohamed Salah semuanya telah dikaitkan dengan kepergiannya dalam beberapa bulan terakhir, meskipun yang terakhir sekarang akan tetap di Liverpool.

FootballTransfers melaporkan pada bulan Januari bahwa Salah cenderung bertahan di Anfield dan bahkan menandatangani kontrak baru. Kontraknya saat ini akan berakhir pada tahun 2025.

David Ornstein telah mengkonfirmasi kecenderungan ini dalam sebuah laporan untuk Athletic, yang menunjukkan bahwa Salah kemungkinan akan menggantikan Slot saat ia menyesuaikan diri dengan pekerjaan barunya di Merseyside.

Namun, dengan Slot mengambil alih Liverpool, bagaimana dia akan menyusun skuadnya? Slot sebagian besar menggunakan sistem 4-3-3 atau 4-2-3-1 selama berada di Feyenoord dan gayanya jelas mengingatkan pada 'sepak bola heavy-metal' Klopp mengingat preferensinya pada sistem menyerang yang berenergi tinggi.

Dengan pemikiran tersebut, dia tentu cocok dengan profil seorang manajer Liverpool.

Alisson akan tetap berada di bawah mistar gawang musim depan, sementara Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson bisa diturunkan seperti yang mereka lakukan saat Liverpool memenangkan gelar Liga Premier.

Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk kemungkinan akan menjadi duet bek tengah pilihan Slot, meski perkembangan Jarell Quansah juga mungkin terdongkrak dengan kedatangannya.

Di lini tengah, Slot mungkin ingin mendatangkan Mats Wieffer dari Feyenoord. Pemain internasional Belanda ini mengetahui sistem Slot dan dia kemungkinan akan menjadi peningkatan dari Wataru Endo, yang merupakan pemain yang dapat diandalkan tetapi tentunya dapat digantikan.

Wieffer bisa ditempatkan di tengah lini tengah Slot, dengan Alexis Mac Allister di kiri dan Dominik Szoboszlai di kanan.

Wieffer dan Mac Allister juga bisa bekerja dalam poros ganda, dengan Szoboszlai ditempatkan sebagai pemain No.10. Kemungkinan bertahannya Salah akan menyelesaikan satu masalah bagi Slot di sayap.

Sementara masih ada kemungkinan Luis Diaz akan hengkang. Namun, jika bintang Kolombia itu bertahan, dia pasti akan menjadi starter. Mengenai posisi penyerang tengah, Darwin Nunez dan Diogo Jota akan menjadi pesaing utama di skuad Liverpool saat ini, tetapi Slot kemungkinan akan mendatangkan Santiago Gimenez bersamanya dari Eredivisie.

Pemain Meksiko itu telah mencetak 24 gol di semua kompetisi sejauh musim ini dan tahu bagaimana Slot menyukai cara kerja strikernya. (dis/pp)

  • Bagikan