Prodi Komunikasi Unismuh Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Datangkan Dosen dari Universitas Kebangsaan Malaysia

  • Bagikan

MAKASSAR. Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bidang Ilmu Komunikasi mendatangkan nara sumber Prof Dr Normah Mustaffa, dosen Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), sehari-hari adalah Direktur UKM Press dan Chiep Editor Malaysian Journal of Communication, Senin 20 Mei 2024 di Mini Hall Fisip Unismuh Makassar Lt5 Gedung Iqra.

Pada workshop ini tampil selaku moderator adalah dosen ilmu komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Wardah, S.Sos, MA.

Workshop dibuka Dekan Fisip Unismuh Makassar diwakili, Wakil Dekan I Fisip Unismuh, Dr. Andi Luhur Prianto, S.IP, M.Si pada sambutan singkat mengucapkan terima kasih atas kedatangan membagi pengetahuan dan pengalaman dalam penulisan artikel ilmiah.

Kesempatan itu juga dijelaskan kalau pada Fisip Unismuh Makassar ada tiga program studi yakni S1 Ilmu administrasi Negara, S1 Ilmu Pemerintahan dan S1 Ilmu Komunikasi dengan 1500 mahasiswa dan 87 dosen.

Dijelaskan juga di Fisip Unismuh Makassar ada empat jurnal yang dikelola satu diantaranya dengan status akreditasi Sinta 2.

Lewat kegiatan ini para peserta yang bukan hanya dari Unismuh Makassar tetapi dari beberapa kampus lainnya mendapatkan akses dan informasi tentang jurnal internasional terindex scopus.

Pada pemaparan materinya, Prof Dr Normah Mustaffa menjelaskan beberapa indikator utama jurnal berkualitas diantaranya; alamat penerbit dilaman web dinyatakan dengan lengkap dan disahkan, proses peer-review dinyatakan dengan jelas, tidak membuat kenyataan palsu mengenai status indeks jurnal dan dapat disimak keabsahan di web of science dan scopus.

Selain itu juga pada skop/bidang jurnal dinyatakan dengan jelas. Artikel yang diterbitkan adalah berfokus pada bidang ilmu. Hasil penyuntingan yang berkualitas termasuk pada, isi kandungan, ejaan, tata bahasa, tanda bacaan dan lain lain.

Pada pengiriman naskah ke jurnal yang akan dituju, disarankan membaca pedoman jurnal dengan cermat, termasuk syarat pengajuannya, pedoman format dan etika pertimbangan serta mematuhi pedoman untuk menghindari penolakan.

Tips lain yang perlu diperhatikan kata Normah Mustaffa adalah melakukan penelitian yang menyeluruh dan teliti itulah novelti, signifikan dan memiliki penelitian yang jelas pertanyaan dan hipotesis dan pastikan penelitian didukung data yang akurat dan analisis.

Tulis naskah yang jelas dan ringkas mengkomunkasikan temuan penelitian secara efektif, gunakan bahasa, tata bahasa dan menformat untuk membuat artikel mudah dibaca dan memahami.

Tips lainnya adalah melakukan kolaborasi dengan para ahli dibidang penulis untuk memperkuat penelitian dan meningkatkan dampak. Penulisan bersama dengan yang berpengalaman meneliti juga dapat meningkatkan peluang penerimaan, katanya.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr Syukri S.Sos, M.Si menambahkan, workshop ini selain diikuti para dosen ilmu komunikasi Unismuh juga ada dari kampus lain secara daring termasuk dari Unhas, UMI Makassar, Universitas Indonesia Timur, serta beberapa kampus dari Jawa.

Selain para dosen juga dihadirkan para mahasiswa ilmu komunikasi semester akhir yang sedang mempersiapkan penulisan skripsi dan jurnal ilmiah bagi penyelesaian akhir studi S1.

Turut mendampingi Prof Dr Normah Mustaffa di acara workshop, dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Haidir Fitra Siagian, Ph.D dan dosen UIN Alauddin lainnya. ***

  • Bagikan