Satu-satunya PTKIN di Indonesia, UPB IAIN Palopo Penyelenggara Tes TOEP dan TPDA

  • Bagikan
IAIN Palopo bekerja sama LPDP Kemenkeu RI menggelar sosialisasi beasiswa S2 dan S3 dalam dan luar negeri di Auditorium Phinisi IAIN beberapa waktu lalu. Salah satu syaratnya mengikuti Tes Toefl ITP dimana UPB IAIN Palopo merupakan salah satu penyelenggara di Indonesia. INDRA/HUMAS IAIN PALOPO

Para Dosen, Dokter, Perbankan, Perusahaan Asing Ikut Tes di IAIN Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Setelah bekerjasama dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), IAIN Palopo ditunjuk sebagai mitra penyelengara Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA).

Di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sendiri, IAIN Palopo satu-satunya perguruan tinggi yang ditunjuk. Sementara itu untuk Sulawesi Selatan, IAIN Palopo bersama Unhas sebagai penyelenggara tes yang dipercaya oleh PLTI.

Selain TOEP dan TPDA, IAIN Palopo juga menggelar Test of English as a Foreign (Toefl), Toefl ITP, Toefl Prediction, Toafl dengan mendapat lisensi dari lembaga bersertifikasi masing-masing.

"Alhamdulillah kita dipercaya oleh beberapa lembaga untuk penyelenggara tes, seperti TOEP, TPDA, Toefl dari lembaga berlisensi," ujar Kepala UPB IAIN Palopo, Senin 27 Mei 2024 kemarin.

Untuk TOEP dan TPDA itu kerjasama dengan PLTI . Sementara untuk tes Toefl bekerjasama Indonesian International Education Foundation (IIEF) satu-satunya perwakilan resmi Educational Testing Service (ETS) di Indonesia untuk TOEFL.

Kemudian kedepan, juga menyiapkan kerjasama untuk tes EnglishScore dan IELTS dari British Council, Kedutaan Besar Inggris. Nah dari semua tes ini dibutuhkan oleh para dosen, dokter, perbankan serta perusahaan asing.
"Apakah untuk sertifikasi dosen, untuk ambil spesialis bagi dokter, perbankan, tes karyawan bagi perusahaan asing, pemda dan masyarakat umum serta mahasiswa," ujarnya.

Untuk pelayanan kata dia, pihaknya telah melayani dari berbagai kota di Indonesia Timur, ada dari Palu, Gorontalo, Makassar,
Manado, Poso. Kemudian di Bulan Juli mendatang ada 30 orang dosen dari Morowali yang akan tes TOEP dan TPDA untuk sertifikasi.

Nah untuk itu, kita himbau masyarakat di Luwu Raya, sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi. Karena di Palopo itu tepatnya di IAIN sudah miliki tes resmi yang mendapat lisensi dari lembaga resmi masing-masing.
Di UPB IAIN Palopo, selain sebagai pusat dan pengembangan pelatihan bahasa serta uji kompetensi. UPB IAIN juga merupakan pusat dan layanan informasi beasiswa.

Seperti beberapa waktu lalu, ungkap mantan Ketua Prodi BIG IAIN Palopo ini, bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu RI melakukan sosialisasi beasiswa studi lanjut S2 dan S3 di Auditorium Phinisi IAIN.

Lembaga ini sangat prestisius membiayai studi baik dalam negeri maupun luar negeri hingga jenjang doktor di universitas ternama dunia.

UPB IAIN sangat bersyukur LPDP mau datang di Palopo untuk berbagai cerita bagaimana bisa mendapatkan beasiswa LPDP ini. Bahkan merupakan yang pertama kali di Kota Palopo dan Luwu Raya.

Nah, UPB IAIN Palopo sendiri punya program dalam melakukan tes toefl ITP. Bagi yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP tentu harus memiliki sertifikat tesnya, ”ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk melatih kecakapan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di tingkat SMA. Pihaknya juga terbuka untuk menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Luwu Raya.

"Seperti baru-baru ini, kita kerjasama dengan SMA-IT Insan Madani Kota Palopo menggelar English Camp selama dua hari. Namun jika ingin lebih baik lagi bisa digelar selama satu hingga dua pekan," tambahnya.(hms/idr)

  • Bagikan