IAS Uji Kompetensi di DPP PKB, Azhar Arsyad: Sangat Paham Sosial Politik Sulsel

  • Bagikan
Bakal calon Gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin bersama Waketum PKB Hanif Dhakiri usai mengikuti uji kompetensi di DPP PKB. --FJR--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Hanif Dhakiri, menegaskan penentuan siapa yang akan mengendarai PKB di Pilgub Sulsel mendatang ada di tangan DPP.

Meski demikian, mantan menteri ketenagakerjaan pada Kabinet Kerja itu memastikan, keputusan itu akan menempatkan pertimbangan dari DPW PKB Sulsel sebagai prioritas.

"DPP yang memutuskan, tapi keputusan itu pasti mengindahkan pertimbangan dari DPW Sulsel. Itu kepastian. DPP sangat memahami, yang tahu seluk beluk dinamika Sulsel adalah teman-teman DPW. PKB harus ikut berperan memastikan Sulsel ke depan mendapat pemimpin yang pas dengan kebutuhan warganya," tegas mantan anggota DPR RI 2009-2014 itu, sesaat setelah melakukan Uji Kompetensi dan Kepatutan (UKK) IAS sebagai bacagub PKB, di Kantor DPP PKB, Selasa 28 Mei 2024.

DPP memulai UKK terhadap IAS pada pukul 17.30 hingga pukul 18.30 WIB. Dilaksanakan di ruangan 5 lantai II Gedung DPP PKB, Jalan Raden Saleh Raya, Menteng, Jakarta.

Saat UKK, turut hadir Wakil Ketua Umum DPP PKB, Abdul Halim Iskandar. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah tertinggal itu akrab disapa Gus Halim. Lebih istimewa lagi, DPP didampingi Ketua DPW PKB Sulsel, H Azhar Arsyad dalam UKK yang berlangsung sejam itu.

Usai UKK, Azhar sedikit membocorkan materi uji yang berkutat seputar kesiapan atau kepantasan figur untuk memimpin Sulsel.

"Saya kasih bocoran UKK sedikit yah, sosok IAS sebagai cagub harus diakui sangat paham dengan anatomi sosial dan politik Sulsel. Materi pemetaan isu strategis dan pemenangan juga sangat rasional. Tapi, keputusan akhir siapa cagub seutuhnya ada di tangan DPP," tegas Azhar.

Usai jalani UKK, IAS tampak keluar ruangan dengan sumringah. Figur yang dikenal luas dengan tagline GubernurKu itu mengaku bersyukur dan berterima kasih diberi kesempatan mengikuti fase lanjutan seleksi cagub di PKB.

"Bagi kami, PKB adalah kekuatan penting menatap pilgub Sulsel ke depan. Suasana fit n propert test ini juga sangat cair," ujar IAS singkat.

Sejumlah elite DPW PKB Sulsel juga terlihat hadir lebih dulu di DPP. Mereka lalu berkumpul bersama IAS di ruangan tunggu tamu lantai II.

Selain Azhar, tampak Sekretaris PKB Sulsel, M Haekal, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PKB Sulsel, Dr Syamsu Rijal alias Deng Ical, Ketua Desk Pilkada PKB Sulsel, Zulfikar Limolang, dan Ketua PKB Makassar, Andi Fauzi Wawo.

IAS tiba di Kantor DPP PKB sekira pukul 16.00 Wib. Wali kota Makassar 2004-2014 yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu tiba ditemani sahabatnya Hasanuddin Tisi dan Budiman Akbar. Ketiganya berangkat dari Masjid Cu Meutia Menteng, usai salat ashar berjemaah. (fjr/pp)

  • Bagikan